Berdasarkan bagan di atas jumlah ATP dan NAD pada bagian yang berlahel X dan Y ….

Berdasarkan bagan di atas jumlah ATP dan NAD pada bagian yang berlahel X dan Y ….
A. 6 ATP dan 2 NAD
B. 4 ATP dan 4 NAD
C. 3 ATP dan 2 NAD
D. 2 ATP dan 2 NAD
E. 1 ATP dan 1 NAD

Berdasarkan bagan di atas jumlah ATP dan NAD pada bagian yang berlahel X dan Y ....

Jawaban yang benar adalah D. 2 ATP dan 2 NAD.

Bagan pada soal menunjukkan serangkaian reaksi dari bahan berupa glukosa, melibatkan pembentukan piruvat, dan hasil akhir berupa asam laktat. Maka serangkaian reaksi yang dimaksud adalah fermentasi asam laktat. Fermentasi asam laktat terdiri atas glikolisis dan reaksi-reaksi yang meregenerasi (membentuk kembali) NAD dengan cara mentransfer H+ dari NADH ke laktat.

Pada glikolisis, terjadi pemecahan glukosa berkarbon 6 (C6) menjadi senyawa berkarbon 3 yaitu piruvat (C3). Glikolisis sebenarnya melibatkan beberapa tahapan reaksi sebelum sampai ke piruvat, dan diantara tahapan itu, terdapat tahapan yang menghasilkan 2 molekul ATP dari 2 molekul ADP, sebagaimana ditunjukkan huruf X. Selain 2 ATP, glikolisis juga menghasilkan 2 NADH.

Salah satu reaksi khas dari fermentasi adalah regenerasi (pembentukan kembali) molekul NAD dari molekul NADH yang dihasilkan oleh glikolisis. H+ pada NADH akan disumbangkan ke molekul akhir fermentasi, yaitu laktat (pada fermentasi asam laktat). Karena glikolisis menghasilkan 2 NADH, maka jumlah NAD yang dihasilkan juga 2 NAD.

Dengan demikian, berdasarkan bagan di soal, jumlah ATP dan NAD pada bagian yang berlabel X dan Y adalah 2 ATP dan 2 NAD (D).

Baca Juga :  Dalam bidang kesenian, salah satu pengaruh Portugis adalah ....