Proses yang terjadi pada percobaan terse but adalah ….

Proses yang terjadi pada percobaan terse but adalah ….
A bakteri termo mengumpul di daerah kloroplas yang terkena cahaya karena termasuk bakteri aerob
B. bakteri termo menyebar atau mengumpul karena tidak dipengaruhi oleh cahaya maupun kloroplas
C. bakteri termo mengumpul karena bakteri perlu cahaya untuk melakukan fotosintesis
D. bakteri termo memang mudah didapat dari lingkungan dan mudah dilakukan pengamatan
E. bakteri termo memang mudah didapat dari lingkungan dan mudah dilakukan pengamatan

Proses yang terjadi pada percobaan terse but adalah .... A bakteri termo mengumpul di daerah kloroplas yang terkena cahaya karena termasuk bakteri aerob B. bakteri termo menyebar atau mengumpul karena tidak dipengaruhi oleh cahaya maupun kloroplas C. bakteri termo mengumpul karena bakteri perlu cahaya untuk melakukan fotosintesis D. bakteri termo memang mudah didapat dari lingkungan dan mudah dilakukan pengamatan E. bakteri termo memang mudah didapat dari lingkungan dan mudah dilakukan pengamatan

Jawaban yang benar adalah A. bakteri termo mengumpul di daerah kloroplas yang terkena cahaya karena termasuk bakteri aerob.

Gambar soal menunjukkan percobaan Engelmaan. Percobaan Engelmenn menggunakan sel 𝘚𝘱𝘪𝘳𝘰𝘨𝘺𝘳𝘢 sp. dan bakteri termo untuk membuktikan kebutuhan cahaya, spektrum cahaya paling efektif pada fotosintesis, dan molekul apa yang dihasilkan pada fotosintesis. Pada percobaan ini, cahaya akan dijatuhkan pada daerah kloroplas 𝘚𝘱𝘪𝘳𝘰𝘨𝘺𝘳𝘢 sp., dan spektrum cahaya yang digunakan adalah dari 400-700 mm.

Hasil percobaan menunjukkan bakteri termo akan berkumpul di daerah kloroplas yang terkena cahaya terutama pada sinar dengan spektrum biru (450 mm) dan merah (700mm). Berkumpulnya bakteri termo di daerah kloroplas 𝘚𝘱𝘪𝘳𝘰𝘨𝘺𝘳𝘢 sp. membuktikan bahwa fotosintesis memerlukan cahaya, terjadi pada spektrum cahaya biru dan merah, dan menghasilkan O2.

Berkumpulnya bakteri termo di daerah klorofil membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen dikarenakan bakteri ini merupakan bakteri aerob yang membutuhkan oksigen untuk kehidupannya.

Dengan demikian, proses yang terjadi pada percobaan pada soal adalah bakteri termo mengumpul di daerah kloroplas yang terkena cahaya karena termasuk bakteri aerob (A).

Baca Juga :  ⅔x4/5x½=?? bantu pakai langkah-langkah​