Berdasarkan gambar percobaan di bawah, dapat diambil kesimpulan bahwa dari proses tersebut…

Berdasarkan gambar percobaan di bawah, dapat diambil kesimpulan bahwa dari proses tersebut…
A diperlukan H2O dan Hydrilla
B. diperlukan cahaya dan air
C. diperlukan Co2 dan cahaya
D. diperlukan cahaya dan o2
E. dihasilkan O2 + air

Berdasarkan gambar percobaan di bawah, dapat diambil kesimpulan bahwa dari proses tersebut...

Jawaban yang tepat adalah C, yaitu diperlukan CO2 dan cahaya.

Gambar yang ada pada soal merupakan percobaan Ingenhousz. Percobaan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa proses fotosintesis pada tumbuhan membutuhkan CO2 dan cahaya untuk menghasilkan oksigen.

Dalam percobaan Ingenhousz, tumbuhan yang digunakan adalah tumbuhan air 𝘏𝘺π˜₯𝘳π˜ͺ𝘭𝘭𝘒 𝘷𝘦𝘳𝘡π˜ͺ𝘀π˜ͺ𝘭𝘭𝘒𝘡𝘒. Berdasarkan percobaan pada soal, jumlah oksigen (gelembung gas) yang dihasilkan terjadi pada percobaan di tempat terang dan diberi NaHCO3 (natrium hidrokarbonat) sangat banyak . Hal ini menunjukkan bahwa cahaya matahari dan penambahan NaHCO3 memengaruhi proses fotosintesis.

NaHCO3 menjadi sumber penghasil karbon dioksida (CO). Ketika NaHCO3 larut dalam air maka akan terurai menjadi Natrium hidroksida (NaOH) dan CO2. CO2 berperan dalam proses fotosintesis. Semakin banyak CO2 sebagai bahan fotosintesis dan sinar matahari yang cukup, maka akan semakin banyak pula oksigen yang dihasilkan. Hasil yang diamati adalah gelembung yang dihasilkan pada ujung tabung. Gelembung udara pada ujung tabung menunjukkan adanya oksigen.

Jadi, Bberdasarkan gambar percobaan di bawah, dapat diambil kesimpulan bahwa dari proses tersebut diperlukan CO2 dan cahaya.

Baca Juga :  Beberapa komponen dari biaya produksi, kecuali .....