Breaking News

Bacalah berita berikut! kepolisian mencatat kenaikan angka kriminalitas dari minggu pertama sampai minggu kedua pada 2021. kepolisian menyebutkan jumlah kejahatan yang ditangani polisi pada minggu pertama 2021 mencapai sebanyak 4.650 kejadian. adapun minggu kedua meningkat menjadi sebanyak 4.886 kejadian. Fakta tersebut menunjukkan bahwa integrasi nasional di indonesia belum sepenuhnya berhasil karena tidak terpenuhinya salah satu syarat keberhasilan integrasi nasional, yaitu ….

Bacalah berita berikut! kepolisian mencatat kenaikan angka kriminalitas dari minggu pertama sampai minggu kedua pada 2021. kepolisian menyebutkan jumlah kejahatan yang ditangani polisi pada minggu pertama 2021 mencapai sebanyak 4.650 kejadian. adapun minggu kedua meningkat menjadi sebanyak 4.886 kejadian.
Fakta tersebut menunjukkan bahwa integrasi nasional di indonesia belum sepenuhnya berhasil karena tidak terpenuhinya salah satu syarat keberhasilan integrasi nasional, yaitu ….
a. semua warga meminimalisasi konflik
b. norma dan nilai sosial dijadikan aturan baku
c. anggota masyarakat berhasil saling mengisi kebutuhan
d. terciptanya kesepakatan bersama mengenai norma-norma
e. semua warga mengimplementasikan nilai dan norma tanpa paksaan

Jawaban yang benar adalah E. Semua warga mengimplementasikan nilai dan norma tanpa paksaan.

Integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda di dalam masyarakat. Menurut William F. Ogburn dan Mayer Nimkoff, syarat keberhasilan suatu integrasi adalah sebagai berikut:
1. Setiap anggota masyarakat merasa berhasil dan mampu saling mengisi kebutuhannya satu sama lain.
2. Anggota masyarakat menciptakan kesepakatan tentang norma dan nilai sosial yang harus diimplementasikan atau diterapkan sebagai pedoman hidup masyarakat tanpa adanya paksaan.
3. Norma dan nilai sosial tersebut berlaku untuk waktu yang lama, sulit diubah dan akan diterapkan secara konsisten dan menyeluruh anggota masyarakat.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Baca Juga :  Daniel sedang mengamati hewan herbivor yang hidup di suatu lahan hijau. Hewan yang diamatinya menunjukkan ciri khas, yakni mencerna makanan sebanyak dua kali. Pertama-tama hewan ini akan memakan makanannya dan menelannya, setelah beberapa waktu kemudian hewan ini akan mengeluarkan kembali makanan yang ditelan tadi dan mengunyahnya untuk sekali lagi. Proses pencernaan yang terjadi setelah setelah makanan dikunyah dua kali di mulut adalah....