Diantara fenomena alam tersebut yang disebabkan oleh rotasi bumi adalah …

Perhatikan beberapa fenomena alam berikut!
1) pergantian siang dan malam
2) perbedaan lamanya siang dengan malam
3) perbedaan waktu di berbagai bagian belahan bumi
4) gerak semu harian matahari
Diantara fenomena alam tersebut yang disebabkan oleh rotasi bumi adalah …
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 1, 3, dan 4
c. 2 dan 4
d. 1 dan 2

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah b. 1, 3, dan 4

Perhatikan penjelasan berikut ini.
Peredaran bumi mengelilingi sumbunya atau porosnya dari arah barat ke timur disebut dengan rotasi bumi. Akibat dari rotasi bumi yaitu:

1. Terjadinya Siang dan Mala,. Hal ini terjadi karena ada dua bagian bumi yang sebagian menghadap matahari dan sebagian lagi membelakangi matahari. Bagian yang menghadap matahari mengalami waktu siang; bagian yang membelakangi matahari mengalami waktu malam.

2. Gerak Semu Harian Matahari. Pergerakan semu harian matahari disebabkan oleh rotasi bumi yang membuat matahari seolah-olah mengelilingi bumi. Sebenarnya, bumi mengelilingi matahari.

3. Perbedaan Waktu. Bagian bumi di sebelah timur Greenwich mengalami waktu yang lebih cepat dari Greenwich, sedangkan bagian bumi di sebelah barat Greenwich mengalami waktu yang lebih lambat.

Sedangkan perbedaan lamanya siang dengan malam adalah akibat dari revolusi bumi.

Jadi, fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi adalah 1) pergantian siang dan malam, 3) perbedaan waktu di berbagai bagian belahan bumi, 4) gerak semu harian matahari . (b. 1, 3, dan 4)

Baca Juga :  Teks 1 Pada peristiwa yang lain, Tikus jatuh sakit, lalu Ikan datang menjenguknya. Ikan menyapa tikus. Katanya, "Hai teman, mengapa engkau kelihatan sangat payah?" Tikus menjawab, "Sekarang saya menderita sakit keras." Ikan melanjutkan pertanyaannya, "Apa obatnya?" Tikus menjelaskan bahwa obatnya sangat sulit didapat. Ikan menjawab, ia ingin membalas jasa Tikus yang telah menolongnya dahulu. Melihat kesungguhan hati Ikan akan menolongnya, maka berkatalah Tikus, "Obat yang saya butuhkan itu adalah telur ayam." Teks 2 "Hai, Kerbau, sebenarnya badan kamu cukup besar lagi bertanduk. Tidak ada yang bisa melawanmu, tetapi mengapa kamu membiarkan hidungmu dicocok dan ditarik oleh manusia?" tanyaku pada Kerbau. Kerbau menjawab, katanya, "Sebenarnya manusia itu pintar dan berakal, pemikirannya tidak terjangkau dan tidak ada yang dapat menyamainya" "Cobalah panggil manusia itu supaya dapat saya melihat dan menyaksikan kemampuan dan kebolehannya," kataku menantang. Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah