Pada 1 Maret 1942 Jepang mulai mendapatkan pasukannya di Indonesia. Berdasarkan uraian di bawah ini, alasan kedatangan Jepang ke Indonesia ialah ditunjukkan oleh nomor ….

Pada 1 Maret 1942 Jepang mulai mendapatkan pasukannya di Indonesia. Berdasarkan uraian di bawah ini, alasan kedatangan Jepang ke Indonesia ialah ditunjukkan oleh nomor ….
1. sebagai tujuan pemasaran
2. membantu Indonesia meraih kemerdekaan
3. kongsi dagang dengan Belanda
4. mencari sumber bahan mentah dan baku
5. mencari sumber tenaga yang murah

Jawaban yang tepat adalah 1, 4 dan 5.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pendudukan Jepang di Indonesia berlangsung dari tahun 1942-1945, saat itu kekuasaan Belanda jatuh kepada bangsa Jepang. Penguasaan tersebut tentunya tidak terlepas dari situasi di dunia yang sedang memanas terutama di wilayah Asia Pasifik, yakni Jepang sedang menghadapi sekutu dalam Perang Asia Timur Raya. Penyerangan awal dilakukan di Pasifik yakni dengan menyerang Pearl Harbour pada 7 Desember 1941 setelah itu Jepang menduduki Filipina pada tanggal 10 Desember 1941, dan Burma pada 16 Desember 1941.

Pada tanggal 11 Januari 1942, Jepang mendarat di Indonesia dengan penguasaan Kalimantan sebagai sumber minyak. Tepatnya di Tarakan Kalimantan Timur. Pada Februari 1942, Jepang kemudian menduduki Pontianak, Banjarmasin, Makassar hingga Palembang. Kemudian menyusul serangan di Jawa, dimana Jepang mendarat di Banten, lalu menyerang Indramayu, Kragan, dan Surabaya. Pada Maret 1942 Jepang menyerang Batavia dan Bandung. Hingga pada akhirnya sejak 9 Maret 1942 Jepang menguasai Indonesia. Kurang lebih hanya dalam waktu yang singkat yakni selama 3 bulan Jepang dapat menguasai Indonesia.

Adapun tujuan dari pendudukan Jepang di Indonesia ialah:
1. Indonesia merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alamnya, maka dari itu Jepang ingin menguasai wilayah Indonesia agar industri di Jepang dapat berjalan dengan baik. Bahan mentah yang dibutuhkan ialah minyak dan karet
2. Menguasai Indonesia artinya Jepang memiliki pasar untuk produk industrinya
3. Indonesia yang banyak sumber daya manusianya dapat dijadikan sebagai tenaga kerja guna membantu perang Jepang.