Pemerintah Jepang ingin menggunakan tokoh-tokoh pergerakan nasional Indonesia dalam rangka… 1) Menggerakan perang Jepang 2) Mempersiapkan Indonesia massa untuk usaha kemerdekaan 3) Membangkitkan perasaan anti-Barat 4) Membangun kepercayaan dari bangsa Indonesia

Pemerintah Jepang ingin menggunakan tokoh-tokoh pergerakan nasional Indonesia dalam rangka…
1) Menggerakan perang Jepang
2) Mempersiapkan Indonesia massa untuk usaha kemerdekaan
3) Membangkitkan perasaan anti-Barat
4) Membangun kepercayaan dari bangsa Indonesia

A. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.
B. 1 dan 3 SAJA yang benar.
C. 2 dan 4 SAJA yang benar.
D. HANYA 4 yang benar.
E. SEMUA pilihan benar.

Jawaban yang tepat adalah D. Hanya 4 yang benar

Untuk lebih jelasnya, simaklah pembahasan berikut ini :

Pada masa awal kedatangannya di Indonesia, Jepang berusaha menarik simpati masyarakat Indonesia agar percaya dan mau menerima Jepang. Ada beberapa faktor pendorong yang akhirnya Indonesia mau menerima dan percaya dengan Jepang, diantaranya adalah :
1. Keberhasilan propaganda Jepang diawal kedatangannya. Jepang melakukan beberapa propaganda, misalnya dengan mengaku saudara tua Indonesia, melakukan gerakan 3A, serta memperbolehkan mengibarkan bendera merah putih.
2. Jepang melibatkan tokoh-tokoh nasional dalam organisasi yang dibentuk oleh Jepang. Misalnya organisasi PUTERA yang melibatkan tokoh-tokoh nasional seperti Ir.Soekarno, Moh Hatta, K.H Mas Mansyur, dan Ki Hajar Dewantara.
3. Kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905 telah menginspirasi bangsa-bangsa Timur untuk lepas dari penjajahan bangsa Eropa, salah satunya menginspirasi Indonesia.
4. Kesengsaraan bangsa Indonesia atas imperialisme Belanda. Bahkan semenjak pergerakan nasional, Belanda mulai menerapkan keebijakan-kebijakan keras terhadap kaum nasionalis dan gerakannya.

Berdasarkan penjelasn tersebut, maka jawaban yang tepat adalah D. Hanya 4 yang benar

Daftar isi