Apa strategi jepang ketika menyerang tentara belanda untuk menguasai indonesia?

apa strategi jepang ketika menyerang tentara belanda untuk menguasai indonesia?

Jawaban: serangan kilat dan membelit

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Jepang menyerang markas besar Angkatan Militer AS di Pearl Harbour di Hawai, serangan ini menjadi awal dari Perang Dunia II di wilayah Asia Pasifik. Jepang kemudian bergerak dengan cepat menuju wilayah Asia Tenggara, tidak terkecuali Indonesia yang kala itu dikuasai oleh Belanda. Pengerahan seluruh kekuatan dilakukan oleh Jepang mulai dari Angkatan Darat, Laut dan Udara sebagai upaya mengalahkan bangsa barat. Strategi yang digunakan Jepang kala itu adalah serangan kilat dan membelit seperti Gurita yang membelit mangsanya yakni sebuah serangan yang dilakukan dari berbagai arah.

Jepang bergerak dari Kepulauan Filipina, wilayah Indo-Cina hingga Utara Papua. Strategi ini memungkinkan Belanda tidak dapat berbuat banyak untuk mempersiapkan pertahannya sehingga mudah untuk ditaklukan. Bahkan, Jepang sudah berjaga-jaga di wilayah samudera Hindia yang diyakini sebagai jalur evakuasi orang-orang Eropa menuju Australia.

Dengan demikian, strategi jepang ketika menyerang tentara belanda untuk menguasai indonesia adalah serangan kilat dan membelit

Baca Juga :  Tentukan gradien garis yang melalui titik (4,−3) dan titik (2,−2)