Tujuan pemuda dari adanya Peristiwa Rengasdengklok adalah ….

Tujuan pemuda dari adanya Peristiwa Rengasdengklok adalah ….
a. Ir. Sukarno dan Mohammad Hatta dapat mempersiapkan diri sebelum proklamasi
b. Ir. Sukarno dan Mohammad Hatta tidak terpengaruh Jepang
c. menghindarkan Ir. Sukarno dan Mohammad Hatta dari serangan Jepang
d. menghindarkan Ir. Sukarno dan Mohammad Hatta dari pengaruh golongan tua
e. mengalih perhatian Jepang atas rencana pro klamasi

Jawaban yang tepat adalah B. Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta tidak terpengaruh Jepang

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Karena keadaan yang semakin terdesak terlebih setelah pemboman dua kota besar Jepang yaitu Nagasaki dan Hiroshima pada 6 dan 9 Agustus 1945, maka bangsa Indonesia yang diwakili oleh para pemuda semakin yakin untuk segera memproklamasikan kemerdekaan. Tentunya terjadi perbedaan pendapat dimana, golongan pemuda menghendaki proklamasi secepatnya tanpa pemberian Jepang, sedangkan golongan tua seperti Soekarno dan Hatta berencana jika proklamasi akan dilaksanakan pada sidang PPKI.

Pada akhirnya meletuslah peristiwa Rengasdengklok, yaitu peristiwa pengamanan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok untuk menghindari pengaruh dari Jepang. Pada akhirnya meletuslah peristiwa Rengasdengklok, yaitu peristiwa pengamanan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok untuk menghindari pengaruh dari Jepang. Golongan tua akhirnya menyetujui para pemuda, hingga pada tanggal 16 Agustus 1945 dengan segera dilakukan penyusunan naskah proklamasi dan tempat yang dipilih ialah kediaman Laksamana Maeda.

Esok harinya tanggal 17 Agustus 1945 proklamasi dibacakan oleh Soekarno dengan Hatta sebagai pendampingnya. Tentunya kemerdekaan ini disambut baik oleh rakyat saat itu. Sebagai negara yang baru terbentuk, maka Indonesia membutuhkan pemerintahan dan alat-alatnya. Dalam pembentukan awal maka dilakukanlah sidang PPKI.

Dengan demikian, tujuan pemuda dari adanya Peristiwa Rengasdengklok adalah menghindarkan Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta tidak terpengaruh Jepang

Baca Juga :  Diagram pembagian 85 : 7 =​