Contoh kasus teori universal

Contoh kasus teori universal

Pembahasan:

Unlinear, Universal dan Multilined Theories of Evolution merupakan pengelompokan teori-teori evolusi yang berkenaan dengan perubahan sosiologi manusia dalam jangka waktu yang lama (evolusi). Masing-masing teori ini mengandung pengertian yang berbeda. Berikut penjelasannya lengkap dengan contoh masing-masing.

UNILINEAR THEORIES OF EVOLUTION

Teori ini menyatakan bahwa perubahan yang dialami manusia melalui tahapan-tahapan tertentu yang linear (lurus), dari yang sederhana menuju tahapan kompleks hingga sempurna.

Contoh masyarakat yang pada mulanya primitif di Eropa berubah menjadi masyarakat Industri yang modern.

UNIVERSAL THEORIES OF EVOLUTION

Teori ini menyatakan bahwa perubahan dalam masyarakat merupakan perkembangan yang tak perlu selalu melalui tahapan tertentu yang sifatnya tetap.

Contohnya masyarakat agricultural yang berubah menjadi masyarakat merkantilisme.

MULTILINED THEORIES OF EVOLUTION

Teori ini menyatakan bahwa perubahan atau evolusi dalam masyarakat ditekankan hanya pada penelitian atas tahap-tahap perkembangan tertentu saja.

Contoh teori ini adalah misalnya penelitian terhadap perubahan sistem mata pencaharian yang ada pada masyarakat, yang awalnya hanya sistem berburu menju ke sistem pertanian.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Bung Tomo merupakan salah satu sosok penting dibalik pertempuran rakyat Surajaya melawan Belanda pada 10 November 1945. Melalui pidatonya, Bunga Toko berhasil membangkitkan semangat rakyat Surajaya untuk kembali melawan para penjajah, selain sebagai prajurit PETA, apa profesi Bung Tomo saat itu...?