Apa yang dimaksud dengan teori arus balik

apa yang dimaksud dengan teori arus balik

adalah teori yang bukan didasarkan oleh kasta, kan tetapi pada orang Indonesia itu sendiri yang pergi ke negeri tempat lahirnya agama ini, yaitu India dan kembali ke Indonesia untuk menyebarkan ajaran Hindu-Budha pada masyarakat pribumi.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Teori Arus Balik adalah teori yang dikemukakan F.D.K. Bosch merupakan teori yang paling berbeda di antara keempat teori mengenai masuknya pengaruh Hindu-Buddha ke Indonesia yang didasarkan pada kasta Hindu. Teori Arus Balik menunjukkan peranan bangsa Indonesia dalam penyebaran agama Hindu-Buddha. Jadi ketika bangsa India menjalin hubungan dagang dengan Indonesia, mereka yang tertarik dengan budaya India, akan pergi ke India untuk mendalami ajaran Hindu-Budha lalu kembali lagi ke Indonesia untuk menyebarkan ajaran tersebut pada rakyat pribumi.

Dengan demikian, Teori Arus Balik adalah teori mengenai masuknya hindu-Buddha ke Indonesia yang dicetuskan oleh F.D.K. Bosch, teori ini bukan didasarkan oleh kasta, kan tetapi pada orang Indonesia itu sendiri yang pergi ke negeri tempat lahirnya agama ini, yaitu India dan kembali ke Indonesia untuk menyebarkan ajaran Hindu-Budha pada masyarakat pribumi.

Baca Juga :  Tujuan dari dibentuknya organisasi budi utomo yaitu....