Apa yang dimaksud dengan teori Gujarat

apa yang dimaksud dengan teori Gujarat

Jawaban yang benar adalah ‘Teori Gujarat adalah masuknya agama dan kebudayaan Islam yang dibawa oleh para pedagang dari daerah Gujarat ke Nusantara sekitar abad ke 13.’

Soal menanyakan pengertian teori Gujarat.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Teori Gujarat beranggapan bahwa agama dan kebudayaan Islam dibawa oleh para pedagang dari daerah Gujarat, India yang berlayar melewati selat Malaka. Teori ini menjelaskan bahwa kedatangan Islam ke Nusantara sekitar abad ke 13, melalui kontak para pedagang dan kerajaan Samudera Pasai yang menguasai selat Malaka pada saat itu. Teori ini juga diperkuat dengan penemuan makam Sultan Samudera Pasai, Malik As-Saleh pada tahun 1297 yang bercorak Gujarat. Teori Gujarat dikemukakan oleh S. Hurgronje dan J. Pijnapel.

Dengan demikian yang dimaksud teori Gujarat adalah masuknya agama dan kebudayaan Islam yang dibawa oleh para pedagang dari daerah Gujarat ke Nusantara sekitar abad ke 13.

Baca Juga :  Ubahlah kalimat langsung berikut ini menjadi kalimat tidak langsung! b. Tante berkata, "Kalian harus segera pulang sebentar lagi akan turun hujan."