Sebuah cermin cekung memiliki jarak fokus 6 cm, tanpa menggunakan rumus tentukan sifat bayangan yang dihasilkan cermin cekung jika benda diletakkan pada jarak 8 cm

sebuah cermin cekung memiliki jarak fokus 6 cm, tanpa menggunakan rumus tentukan sifat bayangan yang dihasilkan cermin cekung jika benda diletakkan pada jarak 8 cm

Jawaban yang benar adalah bersifat nyata, terbalik dan diperbesar.

Diketahui:
f = 6 cm
s = 8 cm

dengan,
f = jarak fokus cermin cekung
s= jarak benda

Ditanya:
Sifat bayangan=…?

Pembahasan:
Cermin cekung merupakan jenis cermin yang bersifat konvergen (mengumpulkan sinar). Sifat bayangan yang dihasilkan berbeda-beda tergantung jarak benda ke cermin.

Terdapat empat sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung. Pertama, jumlah ruang letak benda dan letak bayangan selalu 5. Kedua, jika ruang bayangan lebih besar dari ruang benda, maka sifat bayangannya diperbesar. Ketiga, jika ruang bayangan lebih kecil dari ruang benda, maka sifat bayangannya diperkecil. Terakhir, hanya bayangan di ruang 4 yang bersifat maya dan tegak. Selain dari itu bersifat nyata dan terbalik.

Berdasarkan data pada soal, maka benda berada di ruang dua, sehingga bayangan di ruang tiga maka bayangan yang akan terbentuk adalah bersifat nyata, terbalik dan diperbesar.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah bersifat nyata, terbalik dan diperbesar.

Baca Juga :  Tulislah Notasi Ilmiah bilangan-bilangan berikut. a. 9.900