berdasarkan gambar diatas, pasangan yang termasuk larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah ditunjukkan oleh nomer ….

berdasarkan gambar diatas, pasangan yang termasuk larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah ditunjukkan oleh nomer ….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 1 dan 3
e. 2 dan 4

berdasarkan gambar diatas, pasangan yang termasuk larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah ditunjukkan oleh nomer ....

Jawaban yang tepat B

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dalam larutannya karena ada ion yang bergerak bebas dalam larutannya.

Pada percobaan elektrolit kuat akan menghasilkan nyala lampu yang terang dan gelembung gas yang banyak karena ion-ionnya terionisasi sempurna. Akan tampak hasil percobaan seperti pada gambar 2.

Pada percobaan elektrolit lemah, karena ion- ionnya terionisasi sebagian maka nyala lampu yang dihasilkan tidak ada, tapi ada sedikit gelembung gas seperti percobaan 3. Atau gelembung gas sedikit dan nyala lampu redup, menunjukkan bahwa larutan tersebut adalah larutan elektrolit lemah seperti percobaan 1.

Sedangkan pada larutan non elektrolit karena senyawanya tidak dapat terionisasi maka pada percobaan tidak terdapat gelembung gas dan tidak ada nyala lampu seperti pada percobaan 4.

Jadi, yang menunjukkan larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah adalah nomor 2 dan 3.

Baca Juga :  Contoh perkenalkan diri dalam bahasa Inggris​