Larutan berikut apabila dicampurkan dalam segala perbandngan dapat membentuk larutan penyangga. (1) CH3COOH dan NaOH (2) NH4OH dan HCl (3) HF dan KF (4) CH3COOH dan CH3COONa

Larutan berikut apabila dicampurkan dalam segala perbandngan dapat membentuk larutan penyangga.
(1) CH3COOH dan NaOH
(2) NH4OH dan HCl
(3) HF dan KF
(4) CH3COOH dan CH3COONa

Jawabannya adalah larutan nomor 3 dan 4.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan berikut ini.
Larutan penyangga adalah larutan yang dapat mempertahankan pH meski dilakukan penambahan asam kuat maupun basa kuat. Larutan penyangga terbagi menjadi 2 jenis, yaitu larutan penyangga asam dan larutan penyangga basa.
Larutan penyangga asam adalah larutan penyangga yang terdiri dari asam lemah dan basa konjugasinya (garam dari asam lemah tersebut). Contoh larutan penyangga asam adalah
a. CH3COOH (asam lemah) dan CH3COO- (basa konjugasinya).
b. HF (asam lemah) dan F^- (basa konjugasinya)
Kedua contoh larutan tersebut apabila dicampurkan dalam segala perbandngan dapat membentuk larutan penyangga karena sudah merupakan pasangan asam lemah dengan basa konjugasinya.
Adapun larutan penyangga yang ternentuk dari asam atau basa lemah dengan asam atau basa kuat hanya dapat membentuk larutan penyangga bila asam/basa lemah tersebut bersisa.

Jadi, larutan yang dalam segala perbandngan dapat membentuk larutan penyangga adalah larutan HF dengan KF dan larutan CH3COOH dengan CH3COONa.

Baca Juga :  Tumbuhan paku yang sudah punah yaitu ....