Breaking News

Seri keempat Harry Potter ini bercerita tentang Harry saat berusia 14 tahun dalam turnamen Triwizard yang harusnya hanya boleh diikuti oleh siswa berusia 17 tahun. Turnamen itu hanya diikuti oleh tiga orang dari tiga sekolah sihir, yaitu Durmstrang, Beauxbatons, dan Hogwarts. Identitas tersebut menunjukkan bahwa buku berjenis fiksi karena

Perhatikan identitas buku berikut!
Judul buku : Harry Potter and the Goblet of Fire
Pengarang : J.K. Rowling
Penerbit : Gramedia pustaka utama
Tahun terbit : 2001
Halaman : 636 halaman
Seri keempat Harry Potter ini bercerita tentang Harry saat berusia 14 tahun dalam turnamen Triwizard yang harusnya hanya boleh diikuti oleh siswa berusia 17 tahun. Turnamen itu hanya diikuti oleh tiga orang dari tiga sekolah sihir, yaitu Durmstrang, Beauxbatons, dan Hogwarts.
Identitas tersebut menunjukkan bahwa buku berjenis fiksi karena

Identitas tersebut menunjukkan bahwa buku berjenis fiksi karena merupakan buku yang ditulis berdasarkan imajinasi penulis. Hal ini terlihat dari sinopsis buku yang membahas mengenai turnamen sekolah sihir.

Berikut merupakan pembahasannya.

Buku fiksi adalah kumpulan tulisan yang ditulis berdasarkan imajinasi pengarang.

Ciri-ciri buku fiksi, yaitu:
– Berisi cerita rekaan, bersifat khayalan.
– Ditulis dengan bahasa yang konotatif atau menggunakan majas.
– Bertujuan untuk menghibur pembaca.
– Kebenarannya bersifat relatif.

Identitas tersebut menunjukkan bahwa buku berjenis fiksi karena merupakan buku yang ditulis berdasarkan imajinasi penulis. Hal ini terlihat dari sinopsis buku yang membahas mengenai turnamen sekolah sihir. Hal ini dibuktikan dengan kutipan yang berbunyi, “Turnamen itu hanya diikuti oleh tiga orang dari tiga sekolah sihir, yaitu Durmstrang, Beauxbatons, dan Hogwarts.” Sekolah sihir merupakan sesuatu yang bersifat khayalan dan berasal dari imajinasi penulis karena pada kenyataannya keberadaannya tidak ada di dunia nyata.

Dengan demikian, identitas tersebut menunjukkan bahwa buku berjenis fiksi karena merupakan buku yang ditulis berdasarkan imajinasi penulis. Hal ini terlihat dari sinopsis buku yang membahas mengenai turnamen sekolah sihir.

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan anabolisme