Bacalah kutipan biografi tokoh berikut ini dengan cermat! Ia dikenal sebagai Sang Jenius dari Papua. Ia lahir di Manokwari pada 22 September 1986. Sejak kecil, dia sering tinggal berpindah-pindah mengikuti orang tuanya. Bahkan, tak jarang dia hidup terpisah dari orang tua. Dia adalah seorang pemenang lomba First Step to Nobel Prize in Physics pada tahun 2004 dari Indonesia. Makalahnya berjudul Infinite Triangle and Hexagonal Lattice Networks of Identical Resisto. Rumus Penghitung Hambatan antara Dua Titik Rangkaian Resistor yang ditemukannya diberi namanya sendiri yaitu “George Saa Formula”. Kutipan tersebut adalah bagian struktur biografi ….

Bacalah kutipan biografi tokoh berikut ini dengan cermat!

Ia dikenal sebagai Sang Jenius dari Papua. Ia lahir di Manokwari pada 22 September 1986. Sejak kecil, dia sering tinggal berpindah-pindah mengikuti orang tuanya. Bahkan, tak jarang dia hidup terpisah dari orang tua. Dia adalah seorang pemenang lomba First Step to Nobel Prize in Physics pada tahun 2004 dari Indonesia. Makalahnya berjudul Infinite Triangle and Hexagonal Lattice Networks of Identical Resisto. Rumus Penghitung Hambatan antara Dua Titik Rangkaian Resistor yang ditemukannya diberi namanya sendiri yaitu “George Saa Formula”.

Kutipan tersebut adalah bagian struktur biografi ….

A. krisis
B. koda
C. orientasi
D. isi
E. peristiwa dan masalah

Jawaban yang tepat adalah C.

Simak pembahasan berikut.

Teks biografi adalah teks yang berisikan tentang cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, baik berupa masalahnya ataupun kelebihannya yang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut dapat diteladani orang banyak.

Struktur teks biografi adalah sebagai berikut.
(1) Orientasi: pengenalan tokoh
(2) Peristiwa penting: rangkaian perjalanan penting hidup tokoh
(3) Reorientasi: penutup dan cerita akhir yang terdapat pendapat penulis.

Kutipan biografi tersebut termasuk dalam struktur orientasi karena berisi pengenalan tokoh yang meliputi tanggal lahir, pengenalan masa kecil, dan karyanya. Hal tersebut terbukti dalam kutipan “Ia dikenal sebagai Sang Jenius dari Papua. Ia lahir di Manokwari pada 22 September 1986”.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Daftar isi