Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan meminimalisasi penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan. Demikian pula berlaku untuk lingkup sekolah.

Bacalah kutipan pidato berikut dengan cermat!
(1) Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan meminimalisasi penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan. Demikian pula berlaku untuk lingkup sekolah.
(2) Kenyamanan lingkungan sekolah menjadi faktor pendorong keberhasilan proses belajar mengajar. Dengan lingkungan sekolah yang nyaman peserta didik dan guru memiliki kesempatan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
(3) Maka dari itu, kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Mulailah dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci karena dapat menjadi sarang nyamuk.
(4) Dengan demikian, menjaga lingkungan sekolah, merupakan hal yang sangat penting dan bukan hal yang layak ditunda-tunda.
Kalimat yang berupa pendahuluan yang berisi pendapat atau sudut pandang orator ditandai nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Jawaban yang benar adalah A.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Teks pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Teks pidato disusun berdasarkan beberapa struktur, di antaranya:
1. Pembukaan.
Berisi salam pembuka,ucapan penghormatan, ucapan syukur, dan pengantar ke topik utama
2. Isi.
Berisi info-info penting yang ingin disampaikan.
3. Penutup pidato.
Berisi kesimpulan dari hal yang disampaikan, permintaan maaf jika terjadi kesalahan saat menyampaikan suatu hal, dan salam penutup. Kalimat penutup harus bisa mengakhiri pidato tersebut.

Salah satu struktur pidato adalah pembukaan atau orientasi yang berisi pandangan umum tentang topik yang dibahas dari sudut pandang orator. Bagian ini, terletak di awal. Pada teks, kalimat awal yang berisi “Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna…” merupakan orientasi karena berisi pandangan umum dari sudut pandang orator mengenai kebersihan lingkungan.

Baca Juga :  Rata rata nilai Grace sebanyak 4 kali adalah78 kemudian dia mengikuti ulangan dan memperoleh nilai 90 dan 65 nilai rata rata Grace sekarang adalah

Jawaban yang benar adalah A.