Peperangan di wilayah teluk persia sering dinamakan perang teluk. Jelaskan penyebab perang teluk yang melibatkan amerika serikat !

Peperangan di wilayah teluk persia sering dinamakan perang teluk. Jelaskan penyebab perang teluk yang melibatkan amerika serikat !

Penyebab dari Perang Teluk yang melibatkan Amerika Serikat ialah berkenaan dengan faktor ekonomi, dimana kepentingan AS di wilayah Teluk Persia terutama menjamin agar minyak terus mengalir.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Perang Teluk ialah perang yang terjadi di Timur Tengah, dimana Perang Teluk ini terjadi pada tahun 1980-1988 disebut dengan Perang Teluk I dan bergejolak kembali dengan pecahnya Perang Teluk II. Hal tersebut dipicu oleh invasi Irak terhadap Kuwait. Irak pada saat itu dipimpin oleh Saddam Hussein yang memerintahkan untuk melakukan pendudukan di negara tetangganya itu. Dalam praktiknya konflik dalam Perang Teluk II ialah antara Irak dan Amerika Serikat demi menciptakan ambisi ekonomi dan politis di kawasan Timur Tengah.

Irak melakukan invasinya pada tangga 2 Agustus 1990. Invasi ini tentunya mendapat kecaman dari beberapa pihak karena menimbulkan korban jiwa seperti PBB, Amerika Serikat dan Uni Eropa. Negara-negara tersebut kemudian melakukan pembekuan kekayaan Irak, embargo senjata, dan pemutusan hubungan ekonomi. Bahkan Amerika Serikat melakukan Operasi Badai Padang Pasir yaitu dengan menyerang pertahanan udara Irak.

Faktor yang melatarbelakangi Amerika Serikat melakukan penyerangan kepada Irak ialah berkenaan dengan faktor ekonomi, dimana kepentingan AS di wilayah Teluk Persia terutama menjamin agar minyak terus mengalir. Jika Saddam Hussein berhasil menguasai Kuwait maka penguasaan minyak secara global akan meningkat dan bahkan Saddam Hussein diperkirakan akan memiliki hak untuk mengatur harga minyak global.

Dengan demikian, penyebab dari Perang Teluk yang melibatkan Amerika Serikat ialah berkenaan dengan faktor ekonomi, dimana kepentingan AS di wilayah Teluk Persia terutama menjamin agar minyak terus mengalir.

Baca Juga :  Sebuah balok ditarik dengan gaya 200 N dan membentuk sudut ( terhadap arah perpindahan benda , sehingga benda berpindah sejauh 50 m, jika tan ( = ¾ , maka usaha yang dilakukan adalah....

Semoga membantu ya 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published.