Breaking News

Runtuhnya uni soviet membawa dampak yang besar bagi dunia internasional. berikut yang bukan dampak dari runtuhnya uni soviet adalah …

Runtuhnya uni soviet membawa dampak yang besar bagi dunia internasional. berikut yang bukan dampak dari runtuhnya uni soviet adalah …
A. munculnya negara – negara baru bekas kekuasaan Uni Soviet
B. berakhirnya perang dingin antara Amerika dengan Uni Soviet
C. bersatunya negara eropa timur untuk melawan amerika serikat
D. runtuhnya rezim komunis di eropa timur
E. amerika serikat tampil sebagai negara adi daya

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Uni Soviet merupakan salah satu negara adikuasa pemenang Perang Dunia II. Pada 1947-1991, Uni Soviet menjadi pusat dari aliansi negara komunis Blok Timur selama Perang Dingin. Seletelah 69 taun berdiri, Uni Soviet mengalami keruntuhan pada Desember 1991. Keruntuhan Uni Soviet ditandai karena adanya Kebijakan Perestroika yang diterapkan Gorbhachev. Kebijakan Perestroika berusaha mengubah sistem komunisme menjadi lebih demokratis.

Adapun dampak dari runtuhnya negara Uni Soviet, antara lain: 1. Berakhirnya Perang Dingin antara Blok Barat (Amerika Serikat) dengan Blok Timur (Uni Soviet).
2. Amerika Serikat sebagai negara adidaya karena kemenangannya dalam Perang Dingin melawan Uni Soviet.
3. Banyak hegara-negara pecahan Uni Soviet yang memerdekakan diri.

Dengan demikian, dampak dari runtuhnya Uni Soviet menandai berakhirnya perang dingin dan menjadikan Amerika Serikat menjadi negara adidaya, serta mendukung munculnya negara-negara merdeka bekas jajahan Uni Soviet.

Semoga membantu 😊

Baca Juga :  Sejarah global adalah