Setelah berhasil menguasai banten kemudian fatahillah mendirikan benteng pertahanan yang dinamakan …

setelah berhasil menguasai banten kemudian fatahillah mendirikan benteng pertahanan yang dinamakan …

Setelah berhasil menguasai banten kemudian fatahillah mendirikan benteng pertahanan yang dinamakan Benteng Surosowan.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pada saat itu Sultan Trenggana melakukan politik penguasaan di ujung Pulau Jawa yaitu dengan tujuan mengusir bangsa asing dari wilayah strategis tersebut. Sunda Kelapa sendiri merupakan salah satu pelabuhan yang sangat ramai dikunjungi oleh para pedagang, dan wilayah itu dikuasai oleh Kerajaan Pajajaran.

Guna menghimpun kekuataan kerajaan Islam yakni Demak, maka Pajajaran melakukan koalisi politik dengan Portugis yang disepakati pada tahun 1522. Maka dikirimlah Fatahillah sebagai panglima perang yang sebelumnya terlebih dahulu menuju Kerajaan Cirebon guna menggabungkan kekuatan dan setelah itu bersama armadanya Fatahillah menuju Banten yang memang sudah bergolak dengan Kerajaan Pajajaran.

Pada tahun 1527, armada perang yang dipimpin oleh Fatahillah akhirnya bisa menaklukan pasukan dari Portugis, dan kemudian nama Sunda Kelapa digantinya dengan Jayakarta dan merupakan cikal bakal dari nama kota Jakarta. Adapun benteng pertahanan yang didirikan disebut dengan Benteng Surosowan.

Dengan demikian, setelah berhasil menguasai banten kemudian fatahillah mendirikan benteng pertahanan yang dinamakan Benteng Surosowan.

Baca Juga :  Menurut Deklarasi Juanda, batas laut teritorial Indonesia adalah...