Apa yang dimaksud dengan teori waisyah

apa yang dimaksud dengan teori waisyah

Teori Waisya adalah salah satu teori berdasarkan kasta Hindu mengenai masuknya ajaran Hindu ke Indonesia yang dikemukakan oleh ahli sejarah N. J. Krom bahwa ajaran dan kebudayaan Hindu masuk ke Indonesia di bawa oleh Golongan Waisya.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Teori Waisya adalah salah satu teori berdasarkan kasta Hindu mengenai masuknya ajaran Hindu ke Indonesia yang dikemukakan oleh ahli sejarah. Kasta dalam budaya masyarakat Hindu adalah sebuah kelas sosial yang didasarkan pada pekerjaan dari tinggi ke rendah. Kasta tertinggi dimulai dari Brahmana (golongan agama), Ksatria (golongan bangsawan, prajurit, tuan tanah dll), Waisya (golongan pekerja seperti petani pedagang dll) dan Sudra (rakyat jelata). Dalam Teori Waisya, menyatakan bahwa ajaran dan kebudayaan Hindu dibawa oleh kasta atau golongan waisya, yaitu para pekerja dan pedagang dari India, teori ini dikemukakan oleh Dr. N. J. Krom.

Dengan demikian, Teori Waisya adalah salah satu teori berdasarkan kasta Hindu mengenai masuknya ajaran Hindu ke Indonesia yang dikemukakan oleh ahli sejarah N. J. Krom bahwa ajaran dan kebudayaan Hindu masuk ke Indonesia di bawa oleh Golongan Waisya.

Semoga membantu yaa :))

Baca Juga :  This knife is not very sharp. have you got a ... one?