Tuliskan persamaan reaksi antara zat-zat berikut! i. Karbon dioksida dan kalium hidroksida membentuk kalium karbonat dan air

Tuliskan persamaan reaksi antara zat-zat berikut!
i. Karbon dioksida dan kalium hidroksida membentuk kalium karbonat dan air

persamaan reaksi karbon dioksida dan kalium hidroksida membentuk kalium karbonat dan air adalah:
CO2(g) + 2KOH(aq) → K2CO3(aq) + H2O(l).

Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut yaa 🙂

Persamaan reaksi terdiri dari zat-zat pereaksi dan hasil reaksi, diantara keduanya dipisahkan dengan tanda panah. Pada soal tersebut, terdapat karbon dioksida dengan rumus molekul CO2 dan kalium hidroksida yang memiliki rumus molekul KOH sebagai pereaksi. Sedangkan hasil reaksinya adalah kalium karbonat dengan rumus molekul K2CO3 dan air yang memiliki rumus molekul H2O. Fase zat karbon dioksida biasanya adalah gas, kalium hidroksida merupakan senyawa basa dan kalium karbonat merupakan senyawa garam yang biasanya berfasa larutan (aq), serta air berfasa liquid. Sehingga persamaan reaksinya dapat ditulis sebagai berikut.

CO2(g) + KOH(aq) → K2CO3(aq) + H2O(l)

Persamaan reaksi lengkap harus dalam keadaan setara, yaitu jumlah atom-atom sejenis pada bagian pereaksi harus sama banyak dengan jumlah atom-atom sejenis pada bagian hasil reaksi. Karena jumlah atom K di bagian hasil reaksi ada 2, maka pada KOH diberi koefisien 2, sehingga jumlah atom H dan O juga menjadi setara.

Jadi persamaan reaksinya adalah sebagai berikut:
CO2(g) + 2KOH(aq) → K2CO3(aq) + H2O(l).

Baca Juga :  Jelaskan cara menghitung episentrum atau gempa!