Di antara reaksi-reaksi kesetimbangan yang belum setara berikut ini, reaksi yang memiliki harga tetapan kesetimbangan tekanan (Kp) sama dengan tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc) adalah ….

Di antara reaksi-reaksi kesetimbangan yang
belum setara berikut ini, reaksi yang memiliki
harga tetapan kesetimbangan tekanan (Kp)
sama dengan tetapan kesetimbangan
konsentrasi (Kc) adalah ….
(A) SO3(g) ⇌ SO2(g) + O2(g)
(B) NH3(g) ⇌ N2(g) + H2(g)
(C) PCl5(g) ⇌ PCl3(g) + Cl2(g)
(D) HI(g) ⇌ H2(g) + I2(g)
(E) N2O4(g) ⇌ NO2(g)

jawaban dari soal tersebut adalah (D).
Berikut ini penjelasannya.

Reaksi kesetimbangan adalah reaksi yang dapat berlangsung dalam dua arah. Pada reaksi kesetimbangan, reaktan akan bereaksi menjadi produk dan produk bisa bereaksi juga membentuk reaktan. Reaksi kesetimbangan ditandai dengan tanda panah bolak-balik pada persamaan reaksinya.

Setiap reaksi kesetimbangan memiliki nilai tetapan kesetimbangan. Tetapan kesetimbangan ada 2 macam yaitu tetapan kesetimbangan berdasarkan konsentrasi (Kc) dan tetapan kesetimbangan berdasarkan tekanan gas (Kp). Dalam menentukan nilai Kc, hanya zat yang berwujud gas dan larutan yang diperhitungkan. Sedangkan dalam menentukan nilai Kp hanya zat yang berwujud gas yang diperhitungkan. Hubungan antara Kc dan Kp bisa ditunjukan dalam persamaan berikut.

Kp = Kc (RT)^∆n
keterangan:
Kp = tetapan kesetimbangan berdasarkan tekanan gas
Kc = tetapan kesetimbangan berdasarkan konsentrasi
R = tetapan gas (0,082 L atm K^−1 mol^−1)
T = suhu (K)
∆n = selisih koefisien reaksi gas produk – reaktan

Agar mendapatkan nilai Kp = Kc maka nilai (RT)^∆n harus bernilai 1. Hal ini bisa kita dapatkan ketika ∆n bernilai 0. ∆n bernilai 0 ketika jumlah koefisien reaksi gas produk = jumlah koefisien reaksi gas reaktan. Peristiwa tersebut bisa kita jumpai pada persamaan reaksi berikut

2HI(g) ⇌ H2(g) + I2(g)

Pada persamaan reaksi di atas, jumlah koefisien gas produk adalah 2 dan jumlah koefisien gas reaktan adalah 2.

Jadi reaksi yang memiliki harga tetapan kesetimbangan tekanan (Kp) sama dengan tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc) adalah 2HI(g) ⇌ H2(g) + I2(g)