Tuliskan persamaan reaksi antara zat-zat berikut! j. Amonium sulfat dan natrium hidroksida membentuk natrium sulfat, amonia, dan air

Tuliskan persamaan reaksi antara zat-zat berikut!
j. Amonium sulfat dan natrium hidroksida membentuk natrium sulfat, amonia, dan air

persamaan reaksi amonium sulfat dan natrium hidroksida membentuk natrium sulfat, amonia, dan air adalah:
(NH4)2SO4(aq) + 2NaOH(aq) β†’ Na2SO4(aq) + 2NH3(g) + 2H2O(l).

Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut yaa πŸ™‚

Persamaan reaksi terdiri dari zat-zat pereaksi dan hasil reaksi, diantara keduanya dipisahkan dengan tanda panah. Pada soal tersebut, terdapat amonium sulfat yang memiliki rumus molekul (NH4)2SO4 dan natrium hidroksida dengan rumus molekul NaOH sebagai pereaksi. Sedangkan hasil reaksinya adalah natrium sulfat dengan rumus molekul Na2SO4, amonia dengan rumus molekul NH3, dan air (H2O). Fase zat untuk amonium sulfat dan natrium hidroksida adalah larutan (aq), amonia biasanya berfasa gas dan air berfasa liquid. Sehingga persamaan reaksinya dapat ditulis sebagai berikut.

(NH4)2SO4(aq) + NaOH(aq) β†’ Na2SO4(aq) + NH3(g) + H2O(l)

Persamaan reaksi lengkap harus dalam keadaan setara, yaitu jumlah atom-atom sejenis pada bagian pereaksi harus sama banyak dengan jumlah atom-atom sejenis pada bagian hasil reaksi. Karena jumlah atom N pada bagian pereaksi ada 2, maka pada NH3 diberi koefisien 2, atom Na di bagian hasil reaksi ada 2, maka pada NaOH diberi koefisien reaksi 2, akibatnya jumlah atom H menjadi 10 di bagian pereaksi, maka diberi koefisien reaksi 2 pada H2O, sehingga jumlah atom O juga menjadi setara.

Jadi persamaan reaksinya adalah sebagai berikut:
(NH4)2SO4(aq) + 2NaOH(aq) β†’ Na2SO4(aq) + 2NH3(g) + 2H2O(l).

Baca Juga :  -81 : (–9 ) Γ— 5 =