Apa saja jenis-jenis poster?

Apa saja jenis-jenis poster?

Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah poster niaga, poster layanan masyarakat, poster kegiatan, poster pendidikan, dan poster karya seni.

Yuk simak pembahasan berikut ini!

Poster adalah media yang menerapkan tulisan, gambar, serta warna yang dikombinasikan hingga membentuk suatu informasi yang ditujukan untuk dibaca oleh masyarakat umum.

Jenis-jenis poster juga terbagi ke dalam jenis berdasarkan isi, yaitu:
1. Poster Niaga
Poster niaga merupakan poster yang digunakan untuk urusan perniagaan atau tawaran suatu barang maupun jasa. Isi poster ini tentunya sebuah produk yang sedang ditawarkan kepada masyarakat.

2. Poster Layanan Masyarakat
Poster layanan masyarakat merupakan poster yang berisi informasi mengenai layanan-layanan kepada masyarakat. Contohnya poster program KB, poster vaksin COVID-19, dan poster pencegahan COVID melalui 5M.

3. Poster Kegiatan
Poster kegiatan merupakan poster yang berisi sebuah informasi mengenai kegiatan yang akan terlaksana di suatu tempat dengan tujuan agar masyarakat mengetahui dan berkeinginan untuk menghadiri kegiatan tersebut. Contohnya seperti poster konser musik.

4. Poster Pendidikan
Poster pendidikan merupakan poster yang berisi mengenai arahan atau motivasi mengenai pendidikan sehingga diharapkan masyarakat mengedepankan pendidikannya. Contohnya seperti poster yang memiliki tulisan “Ilmu pengetahuan adalah jendela dunia.”

5. Poster Karya Seni
Poster karya seni merupakan poster yang berisi sebuah karya seni seseorang. Mungkin saja tidak semua orang memahami makna atau isi poster jenis ini karena sifatnya yang ekspresif di mana setiap orang dapat memaknainya dengan makna yang berbeda-beda.

Dengan demikian, pembagian jenis poster berdasarkan isinya adalah poster niaga, poster layanan masyarakat, poster kegiatan, poster pendidikan, dan poster karya seni.

Semoga membantu ya.

Baca Juga :  bulu tangkis 24%, pramuka 28%, renang 88%, karate 16%, tenis meja 20% sebanyak 75 siswa mengikuti extra kulikuler a. tentukan banyak siswa yang mengikuti extra kulikuler b. berapa selisih extra kulikuler bulu tangkis dan karate