Pemerintah telah mencanangkan program Jam Belajar Masyarakat (JBM). Program ini bertujuan agar keluarga mendukung anggotanya untuk belajar pada jam tertentu. Mematikan televisi dan gawai yang mengganggu konsentrasi belajar menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Jadi, mari kita sukseskan jam belajar masyarakat untuk masa depan anak kita! Jenis paragraf tersebut adalah…

Pemerintah telah mencanangkan program Jam Belajar Masyarakat (JBM). Program ini bertujuan agar keluarga mendukung anggotanya untuk belajar pada jam tertentu. Mematikan televisi dan gawai yang mengganggu konsentrasi belajar menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Jadi, mari kita sukseskan jam belajar masyarakat untuk masa depan anak kita!
Jenis paragraf tersebut adalah…
A. Narasi
B. Persuasi
C. Deskripsi
D. Argumentasi

Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah B.

Yuk kita simak pembahasan berikut.

Paragraf adalah sebuah kumpulan kalimat yang berisi satu pikiran utama/ide pokok.

Berdasarkan tujuannya, paragraf terbagi menjadi lima jenis, yakni sebagai berikut.
1. Paragraf narasi, yaitu paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian secara kronologis.
2. Paragraf deskripsi, yaitu paragraf yang yang bertujuan menjelaskan atau menggambarkan suatu objek secara jelas dan terperinci.
3. Paragraf eksposisi, yaitu paragraf yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat dan padat disertai pendapat penulisnya.
4. Paragraf persuasi, yaitu paragraf yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.
5. Paragraf argumentasi, yaitu paragraf yang berisi pendapat penulis dengan tujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data atau fakta sebagai alasan pendukung.

Pada soal di atas terdapat sebuah kutipan paragraf. Jenis paragraf di atas adalah persuasi karena paragraf tersebut bertujuan mengajak pembaca untuk mendukung program Jam Belajar Masyarakat (JBM).

Hal itu dibuktikan dengan kalimat terakhir pada paragraf yang berbunyi “Jadi, mari kita sukseskan jam belajar masyarakat untuk masa depan anak kita!”

Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah B.

Baca Juga :  Bagaimana cara menulis isi iklan?