Jelaskan tentang karakteristik teknik merakit dalam seni rupa 3 dimensi​

Jelaskan tentang karakteristik teknik merakit dalam seni rupa 3 dimensi​

Teknik Merakit Teknik merakit dilakukan dengan cara menyambungkan potongan- potongan bahan tertentu agar menjadi suatu karya seni yang utuh. Cara menyambung-nyambung tersebut dinamakan merakit, sedangkan rakitan ialah hasil karyanya.

 

Teknik merakit adalah suatu teknik karya seni rupa 3 dimensi dengan cara menyambungkan bagian beberapa potongan bahan. Cara ini biasanya disebut dengan merakit dan hasil dari karyanya disebut dengan rakitan.

 

Pembahasan

Seni rupa jika dilihat dari fungsinya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu, seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni adalah jenis seni rupa yang tidak memperhitungkan fungsi praktis dan kegunaan dari  karya sangat diperhatikan adalah hanya keindahannya saja, atau dapat dikatakan hanya menitik beratkan pada ekspresi jiwa seorang  seniman saja. Seni rupa terapan adalah jenis seni rupa yang memperhitungkan fungsi praktis namun kegunaan dari karyanya  tanpa memperhatikan keindahan dari karya tersebut.

 

Jenis seni rupa :

  • Seni lukis : bentuk  pengembangan dari menggambar yang lebih utuh dan lengkap.
  • Seni grafis :  salah satu  cabang seni dengan  pembuatannya menggunakan alat atau dapat juga dengan teknik cetak yang pada umumnya dilakukan diatas kertas seperti pada poster dan sablon.
  • Seni kriya : seni 2 dimensi yang menekankan pada aspek ketrampilan tangan seniman.
  • Seni ilustrasi : jenis seni yang  menggambar untuk menyampaikan , atau mempermudah pembaca agar mengetahui makna dari sebuah cerita , seperti gambar pada komik.
  • Seni patung : jenis karya seni rupa 3 dimensi yang dibuat melalui cara memahat , adapun untuk masalah bahan biasanya dari batu , ada juga yang dari kayu.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Baca Juga :  Suku ke-14 dari barisan aritmatika dengan suku pertama 5 dan beda 8 adalah... Jawab Dengan Penjelasannya...

ilmuantekno.com