Simpulan isi paragraf tersebut adalah ….

Mencapai kemandirian merupakan salah satu tugas perkembangan pada masa remaja. Remaja dituntut untuk tidak selalu tergantung pada orang tua atau orang dewasa lainnya secara emosional. Kegagalan dalam pencapaian kemandirian dapat berdampak negative pada diri remaja. Ketergantungan pada orang lain menyebabkan seorang remaja selalu ragu-ragu dalam mengambil keputusan, tidak percaya diri, mudah terpengaruh orang lain, hingga mengalami kesulitan untuk menemukan identitas diri.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ….

Simpulan isi paragraf tersebut adalah “Menjadi sosok mandiri merupakan kewajiban remaja agar tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan, memiliki rasa percaya diri, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, dan dapat menemukan jati diri dengan baik.”

Mari kita simak pembahasan berikut ini ya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kesimpulan merupakan simpulan dari uraian, pidato, dan sebagainya. Selain itu, kesimpulan juga diartikan sebagai keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif dan deduktif.

Ciri-ciri kesimpulan sebagai berikut.
1. Memuat gagasan pokok yang ada pada teks yang disimpulkan.
2. Berwujud lebih ringkas dari teks aslinya.
3. Memuat dari hal-hal yang bersifat umum menuju hal-hal yang bersifat khusus.

Cara untuk mencari kesimpulan sebagai berikut.
1. Langsung merujuk pada kalimat simpulan yang ditandai dengan kata ‘jadi’, ‘dengan demikian’, ‘oleh sebab itu’, ‘maka dari itu’, dan lain-lain.
2. Mencari kalimat utama dan kalimat simpulan lalu menggabungkannya.
3. Mencari kalimat yang menunjukkan hubungan sebab-akibat atau akibat-sebab dalam paragraf.
4. Mengidentifikasi ide pokok karena simpulan merupakan jawaban dari ide pokok.

Berdasarkan penjelasan di atas, simpulan isi paragraf tersebut adalah “Menjadi sosok mandiri merupakan kewajiban remaja agar tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan, memiliki rasa percaya diri, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, dan dapat menemukan jati diri dengan baik.” Hal ini terlihat pada hubungan sebab akibat paragraf tersebut, yaitu pada kalimat “Ketergantungan pada orang lain menyebabkan seorang remaja selalu ragu-ragu dalam mengambil keputusan, tidak percaya diri, mudah terpengaruh orang lain, hingga mengalami kesulitan untuk menemukan identitas diri.”

Baca Juga :  Write an adjective for each noun smell

Dengan demikian, simpulan isi paragraf tersebut adalah “Menjadi sosok mandiri merupakan kewajiban remaja agar tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan, memiliki rasa percaya diri, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, dan dapat menemukan jati diri dengan baik.”