Data hasil percobaan uji protein terhadap beberapa makanan sebagai berikut: Bahan makanan yang mengandung ikatan peptida dan mengandung inti benzena di dalam molekul protein adalah … .

data hasil percobaan uji protein terhadap beberapa makanan sebagai berikut: Bahan makanan yang mengandung ikatan peptida dan mengandung inti benzena di dalam molekul protein adalah … .

data hasil percobaan uji protein terhadap beberapa makanan sebagai berikut: Bahan makanan yang mengandung ikatan peptida dan mengandung inti benzena di dalam molekul protein adalah ... .

Jawaban: Bahan makanan yang mengandung ikatan peptida dan inti benzena adalah O.

Makromolekul terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Protein adalah polimer yang tersusun dari monomer asam amino. Proses pembentukan protein dari asam amino melalui reaksi polimerisasi kondensasi. Ikatan yang menghubungkan dua asam amino disebut ikatan peptida (-CO-NH-). Berikut adalah beberapa reaksi uji protein:
1. Uji ninhidrin merupakan uji umum untuk mengetahui adanya asam amino. Adanya asam amino ditunjukkan oleh terbentuknya warna ungu.
2. Uji biuret merupakan uji umum untuk mengetahui adanya ikatan peptida. Adanya ikatan peptida ditunjukkan oleh terbentuknya warna ungu.
3. Uji xantoproteat merupakan uji terhadap protein yang mengandung gugus fenil. Adanya cincin benzena ditunjukkan oleh terbentuknya warna jingga.
4. Uji belerang merupakan uji protein yang mengandung unsur belerang. Adanya belerang ditunjukkan oleh terbentuknya warna hitam.

Bahan makanan yang mengandung ikatan peptida dan inti benzena adalah O, karena menghasilkan warna ungu dengan biuret dan warna jingga dengan xantoproteat.

Dengan demikian, bahan makanan yang mengandung ikatan peptida dan inti benzena adalah O.

Baca Juga :  Tuliskan persamaan reaksi antara zat-zat berikut! j. Amonium sulfat dan natrium hidroksida membentuk natrium sulfat, amonia, dan air