Dari pernyataan di atas, ciri-ciri yang dimiliki hewan mamalia adalah ….

Perhatikan data berikut ini!
1. berkembangbiak secara vivipar
2. berdarah panas
3. penutup tubuh berupa bulu
4. menyusui anaknya
5. penutup tubuh berupa rambut
Dari pernyataan di atas, ciri-ciri yang dimiliki hewan mamalia adalah ….

Jawaban:
Ciri-ciri yang dimiliki hewan mamalia adalah 1, 2, 4, dan 5.

Pembahasan:
Mamalia merupakan suatu kelas dari hewan bertulang belakang atau vertebrata yang memiliki kelenjar susu untuk menyusui anak yang baru dilahirkan atau anak yang masih kecil. Perkembangbiakan mamalia terjadi secara vivipar, yaitu dengan melahirkan. Embrio mamalia dilindungi dan disimpan di dalam kantung amnion yang mengandung air ketuban untuk menjaganya dari segala goncangan dari luar. Selain itu, air ketuban pada mamalia juga berguna untuk melancarkan proses melahirkan bayinya. Ciri lain mamalia yaitu tubuh ditutupi oleh rambut, bergerak dengan dua pasang anggota badan, dan berdarah panas atau homoiterm yang jantungnya sudah terbagi menjadi empat ruang secara sempurna.

Contoh hewan mamalia yaitu monyet, sapi, domba, jerapah, anjing, kucing, kelinci, paus, gajah, tikus, orang utan dan simpanse.

Jadi, ciri-ciri yang dimiliki hewan mamalia adalah 1) berkembang biak secara vivipar, 2) berdarah panas, 4) menyusui anaknya, dan 5) penutup tubuh berupa rambut.

Baca Juga :  Dalam permaianan sepak bola salah satu teknik dasar adalah menendang. Teknik menendang bola yang digunakan untuk memberikan bola jarak pendek antar pemain adalah menggunakan kaki bagian....