Perhatikan data berikut! 1. epidermis 2. palisade 3. xilem dan floem 4. korteks 5. bunga karang/spons 6. empulur Jaringan yang menyusun daun adalah…

Perhatikan data berikut!
1. epidermis
2. palisade
3. xilem dan floem
4. korteks
5. bunga karang/spons
6. empulur
Jaringan yang menyusun daun adalah…
a. 1,2,3,4
b. 1,2,3,5
c. 1,3,4,6
d. 3,4,5,6

Jawabannya adalah B.

Daun merupakan organ tumbuhan yang memiliki klorofil sehingga berfungsi sebagai tempat untuk fotosintesis. Daun memiliki mesofil daun yang terdiri atas :
1. Epidermis yang berada di lapisan paling atas dan paling bawah. Epidermis berfungsi untuk melindungi jaringan di bawahnya. Pada epidermis daun terdapat stomata yang berfungsi untuk pertukaran gas dan transpirasi.
2. Jaringan palisade merupakan jaringan parenkim yang bentuknya memanjang seperti tiang. Jaringan palisade terletak dibawah lapisan epidermis. Jaringan palisade memiliki banyak kloroplas sehingga berfungsi sebagai tempat untuk fotosintesis.
3. Jaringan spons atau bunga karang merupakan jaringan yang berbentuk bulat dengan memiliki ruang antar sel. Jaringan spons terletak setelah jaringan palisade. Jaringan spons berfungsi untuk tempat menyimpan udara.
4. Jaringan pengangkut yang berupa xilem dan floem. Jaringan xilem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun. Jaringan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah B.

Baca Juga :  Bentuk sederhana dari (a^-3b^2c/ab^-3c^3)^-2