Pengertian ketrampilan menulis

Pengertian ketrampilan menulis

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah keterampilan seseorang dalam menggunakan bahasa untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa tulis.

Berikut ini penjelasannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keterampilan memiliki arti kecakapan seseorang untuk memakai bahasa dalam menulis, membaca, menyimak, atau berbicara, sedangkan arti kata menulis menurut KBBI adalah membuat huruf dengan pena atau pensil, menyampaikan pikiran atau pandangan, mengarang cerita dan menggambarkannya.

Pengertian keterampilan menulis diartikan sebagai keterampilan seseorang dalam menggunakan bahasa untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa tulis. Menulis adalah aktivitas pengekpresian ide, gagasan, pikiran atau perasaan ke dalam lambang-lambang kebahasaan.

Adapun tujuan dalam menulis, di antaranya:
1. Memberikan informasi.
2. Mendidik.
3. Membujuk.
4. Menghibur.

Dengan demikian, pengertian keterampilan menulis diartikan sebagai keterampilan seseorang dalam menggunakan bahasa untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa tulis.

Baca Juga :  Jika tinggi balok 2/3 dari panjangnya maka volume balok tersebut adalah