Cermati teks berita berikut! Wali Kota Bandung Oded M Danial menyebutkan, Hari jadi ke-209 Kota Bandung merupakan (1) “momentum” introspeksi, mempererat jalinan (2) “kolaborasi” dengan para pemangku kepentingan (stakeholder), meningkatkan (3) “kinerja” aparatur sipil Negara, sekaligus tambahan motivasi guna menggenjot pembangunan fisik beserta sumber daya manusia. (Sumber: Pikiran Rakyat, 26 September 2019) Makna kata yang diberi tanda kutip di atas adalah…. A. (1) hal yang penting, (2) bergotong royong, (3) prestasi yang diperlihatkan B. (1) kerja sama, (2) prestasi yang diperlihatkan, (3) kemampuan kerja C. (1) saat yang tepat, (2) kerja sama, (3) sesuatu yang dicapai D. (1) kesempatan, (2) kerja sama, (3) kemajuan kerja

Cermati teks berita berikut!
Wali Kota Bandung Oded M Danial menyebutkan, Hari jadi ke-209 Kota Bandung merupakan (1) “momentum” introspeksi, mempererat jalinan (2) “kolaborasi” dengan para pemangku kepentingan (stakeholder), meningkatkan (3) “kinerja” aparatur sipil Negara, sekaligus tambahan motivasi guna menggenjot pembangunan fisik beserta sumber daya manusia.
(Sumber: Pikiran Rakyat, 26 September 2019)
Makna kata yang diberi tanda kutip di atas adalah….
A. (1) hal yang penting, (2) bergotong royong, (3) prestasi yang diperlihatkan
B. (1) kerja sama, (2) prestasi yang diperlihatkan, (3) kemampuan kerja
C. (1) saat yang tepat, (2) kerja sama, (3) sesuatu yang dicapai
D. (1) kesempatan, (2) kerja sama, (3) kemajuan kerja

Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah C.

Yuk kita simak pembahasan berikut.

Teks berita adalah teks yang berisi informasi, kejadian, atau peristiwa yang telah atau sedang terjadi. Teks berita dapat dimuat di media cetak atau elektronik. Informasi yang disampaikan dalam teks berita bersifat aktual, penting, dan menarik.

Pada soal di atas terdapat teks berita mengenai hari jadi ke-209 Kota Bandung. Di dalam teks tersebut terdapat beberapa kata yang diberi tanda kutip, yaitu kata momentum, kolaborasi, dan kinerja. Untuk mengetahui makna kata tersebut dapat dilihat melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Dalam KBBI, kata momentum, kolaborasi, dan kinerja memiliki makna sebagai berikut.
– Momentum memiliki makna saat yang tepat.
– Kolaborasi memiliki makna kerja sama.
– Kinerja memiliki makna sesuatu yang dicapai.

Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah C.

Semoga membantu 🙂

Baca Juga :  Jika kutub utara magnet didekatkan kutub selatan magnet, maka hal yang terjadi adalah