Berilah contoh atau wujud budaya dari aspek di bawah ini :

Berilah contoh atau wujud budaya dari aspek di bawah ini :
1. Filsafat
2. Kesenian
3. Arsitektur
4. Sistem Penanggalan
5. Sistem Politik

Contoh wujud budaya tersebut antara lain: Filsafat manunggaling kawula Gusti, kesenian grebeg, bangunan masjid menara Kudus, sistem penanggalan Jawa, dan pemerintahan kerajaan.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Masuk dan berkembangnya agama Hindhu dan Budda yang berasal dari India membawa pengaruh bagi kehidupan masyarakat Nusantara. Dalam perkembangannya, ketika Islam menyebar di Nusantara, ketiga agama tersebut membentuk akulturasi kebudayaan. Akulturasi kebudayaan yang terjadi dapat kita lihat dalam beberapa aspek yaitu dalam aspek filsafat, kesenian, arsitektur, sistem penanggalan, dan sistem politik. Manunggaling kawula Gusti merupakan salah satu wujud budaya dalam aspek fisafat. Filsafat ini diajarkan oleh Syekh Siti Jenar yang mengajarkan tentang penyerahan diri kepada Tuhan, sehingga Tuhan mengatur seluruh kehidupan manusia. Filsafat ini juga berarti penyatuan Tuhan dengan diri manusia ketika manusia telah mampu menangkap ruh Tuhan ke dalam dirinya. Wujud kebudayaan selanjutnya adalah Grebeg. Grebeg merupakan kesenian yang berupa upacara adat untuk menghormati para tokoh-tokoh penyebar agama Islam, terutama Walisongo. Dalam aspek arsitektur, bentuk akulturasi Hindu, Budda, dan Islam dapat kita lihat pada masjid menara Kudus. Masjid merupakan budaya Islam, sedangkan menara tersebut berupa bangunan yang bercorak hindhu-budda. Selanjutnys, sistem penanggalan Jawa merupakan wujud kebudayaan yang menjadi bentuk akulturasi hindhu, Budda dan Islam. Sistem penanggalan ini diciptakan oleh Sultan Agung. Wujud kebudayaan selanjutnya adalah sistem politik. Sistem politik ini ditandai dengan berdirnya kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindhu, Budda, dan Islam. Kerajaan-kerajaan tersebut antara lain Majapahit, Sriwijaya, Demak, dan lain-lain.
Dengan demikian, contoh wujud budaya tersebut antara lain: Filsafat manunggaling kawula Gusti, kesenian grebeg, bangunan masjid menara Kudus, sistem penanggalan Jawa, dan pemerintahan kerajaan.

Baca Juga :  Penyadapan getah tanaman karet dilakukan dengan melukai atau menyayat batang tanaman tersebut sehingga mengeluarkan sekret atau getah. getah tersebut dihasilkan dari pembuluh lateks yang terdapat didalam jaringan....