Jelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan kemerdekaan​Jelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan kemerdekaan​

Jelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan kemerdekaan​

Persatuan secara sederhana berarti gabungan atau ikatan dari beberapa bagian yang menjadi sesuatu yang utuh. Atau dengan pengertian lain bahwa persatuan berarti bersatunya bermacam macam corak yang beragam ke dalam suatu kebulatan yang utuh. Terbinanya suatu kesatuan dan persatuan bangsa akan melahirkan kondisi yang utuh yang didalamnya terdapat keamanan, kesentosaan, dan kejayaan. Persatuan dan Kesatuan ini penting untuk dilakukan dalam mempertahankan kemerdekaan dikarenakan dengan kita memiliki rasa persatuan dan kesatuan yang erat dan utuh maka kemungkinan untuk terpecah belah dan diadu domba oleh negara lain kecil. Kesatuan dan persatuan ini dapat kita anut dalam berbagai aspek baik aspek alamiah seperti konsep kewilayahan maupun aspek sosial seperti sosial, politik, budaya, ekonomi, pertahanan, dan keamanan.

 

Pembahasan:

Persatuan atau Integritas suatu bangsa terjadi karena adanya perpaduan dari berbagai unsur, antara lain suku bangsa, tradisi, kepercayaan/agama, sosial budaya, dan budaya ekonomi sehingga terwujud satu kesatuan wilayah politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang membentuk suatu jati diri bangsa.

 

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Sel tubuh manusia mempunyai 46 kromosom, maka jumlah kromosom pada ovumnya adalah