Sebutkan dan jelaskan macam-macam transportasi sel dan beri contohnya…

Sebutkan dan jelaskan macam-macam transportasi sel dan beri contohnya…

Jawaban : Transpor aktif adalah transportasi sel menggunakan energi. Contohnya adalah pompa ion, endostiosis dan eksositosis. Transpor pasif adalah transportasi sel tidak menggunakan energi tetapi berlangsung secara langsung dan spontan. Contohnya adalah difusi langsung, difusi terbantu, dan osmosis.

Pembahasan :

TRANSPOR AKTIF
Jika terjadinya transportasi sel menggunakan energi disebut dengan transpor aktif. Transpor aktif berkebalikan dengan tranpor pasif yang mengandalkan sifat sari zat yang berpindah dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi.

a. Pompa ion
Jumlah ion kalium didalam sel harus lebih tinggi dari jumlah ion natrium. Sehingga jika dalam sel terdapat dua ion kalium, maka satu ion kalium harus keluar dari sel. Inilah alasan mengapa transpor aktif membutuhkan energi.
b. Endostiosis
Endositosis adalah proses memasukan zat makromolekuler ke dalam sel dengan cara membungkusnya dengan membran plasma.
c. Eksositosis
Eksositosis adalah proses mengeluarkan zat makromolekuler hasil metabolisme dari dalam sel keluar sel.

TRANSPOR PASIF
Jika terjadinya transportasi sel tidak menggunakan energi tetapi berlangsung secara langsung dan spontan disebut dengan transpor pasif. Zat yang ditransportasikan oleh sel secara langsung biasanya adalah zat-zat nonpolar seperti glukosa, air, dan oksigen. Sedangkan zat-zat polar sulit melewati membran sel karena didalam membran sel terdiri dari lemak. Sistem transpor pasif terdiri atas difusi langsung, difusi terbantu, dan osmosis.

a. Difusi langsung
Difusi adalah jika perpindahan zat terjadi dari konsnetrasi tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah. Difusi langsung terjadi secara spontan tanpa perantara dan energi.
b. Osmosis
Osmosis adalah proses menyeimbangkan konsentrasi air di dalam dan luar sel.
c. Difusi terbantu
Difusi terbantu adalah jika perpindahan zat dibantu oleh zat perantara lainnya. Contohnya ketika transpor glukosa dari luar ke dalam sel dibantu perantara protein. Hal ini terjadi karena glukosa tidak bisa melewati membran sel dengan sendirinya

Baca Juga :  Hasil dari (f ◦ g) (x) = (2x + 3)3 sedangkan f (x) = x3 tentukan g(x).minta tolong dongg agak cepattan yaa besok di kumpulnya​

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com