Breaking News

Hingga 1 Juni 2021, Covid-19 telah menginfeksi 1,8 juta orang di Indonesia dan menyebabkan kematian 50,7 ribu orang. Dengan lonjakan kasus yang cukup tinggi di sejumlah daerah sejak pertengahan Juni 2021, pemerintah memperkuat kebijakan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 yang satu di antaranya melalui pengurangan mobilitas dan interaksi masyarakat, khususnya di daerah-daerah dengan tingkat penularan yang tinggi.

Hingga 1 Juni 2021, Covid-19 telah menginfeksi 1,8 juta orang di Indonesia dan menyebabkan kematian 50,7 ribu orang. Dengan lonjakan kasus yang cukup tinggi di sejumlah daerah sejak pertengahan Juni 2021, pemerintah memperkuat kebijakan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 yang satu di antaranya melalui pengurangan mobilitas dan interaksi masyarakat, khususnya di daerah-daerah dengan tingkat penularan yang tinggi.

Pada tanggal 3–20 Juli 2021 pemerintah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Pulau Jawa dan Bali. Sebelumnya, pada tanggal 11–25 Januari 2021 pemerintah telah menerapkan PPKM dan pada tanggal 9–22 Februari 2021 menerapkan PPKM mikro di sejumlah daerah yang memiliki risiko tinggi dalam penyebaran Covid-19.

PPKM darurat diberlakukan pada berbagai tempat dan aktivitas. Kegiatan operasional beberapa aktivitas ekonomi dibatasi sampai pada jam tertentu bergantung pada tingkat urgensi aktivitas tersebut. Kegiatan belajar dan bekerja untuk sektor nonesensial dilakukan di rumah. Selain itu, dilakukan penutupan area publik, taman umum, tempat wisata, tempat ibadah dan kegiatan tertentu yang dapat menimbulkan kerumunan.

Efektivitas pelaksanaan PPKM darurat sangat bergantung pada perilaku masyarakat. Tanpa kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan, penyebaran virus korona akan sangat sulit dikendalikan. Munculnya varian baru dengan tingkat penyebaran yang sangat cepat juga menjadi tantangan tersendiri yang harus menjadi perhatian semua pihak.

Di sisi lain pemerintah terus mengupayakan percepatan dan perluasan target vaksinasi. Semula, vaksinasi diprioritaskan bagi para tenaga kesehatan, tenaga pengajar, dan lansia. Saat ini semua penduduk yang berusia 12 tahun ke atas sudah dapat menjalani vaksinasi. Terlepas dari upaya penyediaan oleh pemerintah, partisipasi dan kesadaran masyarakat juga sangat dibutuhkan.

Kesadaran dan partisipasi masyarakat juga sangat diperlukan dalam hal pelaporan keterpaparan virus korona. Tanpa ada kesadaran dalam pelaporan, pelacakan dan upaya pencegahan penyebaran yang lebih luas akan sulit dilakukan.

Pernyataan berikut yang terkait dengan penerapan PPKM oleh pemerintah adalah …
(A) Pemerintah sudah melakukan tiga tahap PPKM selama Januari dan Februari.
(B) Penerapan PPKM dilakukan untuk mengurangi penularan pandemi Covid-19.
(C) PPKM adalah satu-satunya upaya pemerintah untuk mengatasi wabah Covid19.
(D) Masyarakat cenderung menolak penerapan PPKM di seluruh wilayah Indonesia.
(E) PPKM yang diberlakukan bersifat darurat dan sementara pada aktivitas masyarakat

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah B.

Baca Juga :  Pemerintah mengizinkan bioskop kembali beroperasi sejak pekan lalu. Platform penyedia tiket online besutan Gojek, GoTix, pun mencatatkan peningkatan pemesanan tiket bioskop. Vice President GoTix dan Loket.com, Anvid Erdian, mencatat antusiasme masyarakat untuk membeli tiket bioskop secara online meningkat. Namun, ia tidak merinci besaran peningkatan jumlah pembelian tiket bioskop. Ia hanya menyampaikan bahwa permintaan tiket bioskop diprediksi terus melonjak. Anvid mengatakan tingginya minat masyarakat menggunakan layanan GoTix juga seiring dengan imbauan pemerintah untuk membeli tiket bioskop secara online.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Informasi pada teks adalah segala sesuatu yang menjadi isi dan pembahasan pada sebuah teks.

Informasi dapat disampaikan secara tersirat maupun tersurat sehingga letak informasi harus dipahami dengan baik agar pembaca dapat memahami inti pembahasan tanpa mengalami kesalahpahaman.

Langkah-langkah untuk menemukan informasi pada sebuah bacaan adalah sebagai berikut.
1. Bacalah teks dengan saksama.
2. Pahamilah makna setiap kalimat yang ada pada teks.
3. Temukanlah kalimat utama atau gagasan pokok dalam setiap paragraf.
4. Tandailah kata atau kalimat yang mengandung kata kunci.
5. Pahami setiap gambar, grafik, tabel, atau diagram yang menunjang informasi teks.
6. Cocokkan kembali informasi yang didapatkan dengan teks secara keseluruhan.

Pernyataan berikut yang terkait dengan penerapan PPKM oleh pemerintah adalah ” Penerapan PPKM dilakukan untuk mengurangi penularan pandemi Covid-19.” Hal ini dibuktikan dengan kutipan yang berbunyi, “Efektivitas pelaksanaan PPKM darurat sangat bergantung pada perilaku masyarakat. Tanpa kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan, penyebaran virus korona akan sangat sulit dikendalikan.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Semoga membantu ya 😊

Daftar isi