Pihak yang memiliki wewenang dalam melaksanakan kebijakan moneter di indonesia dengan tujuan mengendalikan laju inflasi adalah ….

Pihak yang memiliki wewenang dalam melaksanakan kebijakan moneter di indonesia dengan tujuan mengendalikan laju inflasi adalah ….

Jawaban yang benar adalah Bank Indonesia.

Pembahasan:
Bank sentral adalah lembaga yang dimiliki oleh pemerintah yang bersifat independen yang memiliki tanggung jawab atas stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan, menjaga tingkat inflasi, dan seluruh sistem keuangan dalam suatu negara.

BI selaku bank sentral di Indonesia mempunyai wewenang khusus yang sebelumnya sudah diatur dalam UU Republik Indonesia, yakni kewenangan Membuat Kebijakan Moneter. BI harus bisa menentukan dan menetapkan adanya tingkat diskonto, jumlah cadangan minimal bank umum, serta harus membuat kebijakan pembiayaan atau kredit. Selain itu, BI harus bisa menetapkan dan juga menentukan target moneter dengan cara menentukan tingkat inflasi yang terjadi di Indonesia setiap tahun. Lebih dari itu, BI juga memiliki wewenang dalam mengendalikan moneter dengan tidak dibatasi pada kegiatan pasar terbuka di pasar uang.

Jadi, pernyataan pada soal disebut Bank Indonesia.

Baca Juga :  1.Kepriye carane nulis wacana? Terangna kanthi ringkes! Wangsulan: 2.Apa wae kang perlu digatekake nalika nyempurnakake wacana? Wangsulan:​