Peran utama tumbuhan dalam mencegah pemanasan global adalah… . * a. menghilangkan gas-gas rumah kaca b. membersihkan udara dari polutan c. mencegah pencairan es di kutub d. menyerap gas co2

Peran utama tumbuhan dalam mencegah pemanasan global adalah… . *
a. menghilangkan gas-gas rumah kaca b. membersihkan udara dari polutan c. mencegah pencairan es di kutub d. menyerap gas co2

Jawaban: ๐ƒ. ๐Œ๐ž๐ง๐ฒ๐ž๐ซ๐š๐ฉ ๐ ๐š๐ฌ ๐‚๐Ž๐Ÿ

Pembahasan:

Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Emisi gas rumah kaca menjadi penyebab utama pemanasan global. Berbagai aktivitas manusia juga bisa meningkatkan emisi gas, seperti penebangan hutan, penggunaan kendaraan bermotor dan listrik berlebihan, serta limbah industri, pertanian, dan peternakan. Yang termasuk gas rumah kaca yang ada di atmosfer antara lain adalah karbon dioksida (CO2), nitrogen dioksida (N2O), metana (CH4), dan freon (SF6, HFC dan PFC).

Sementara itu, tanaman memerlukan CO2 untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya. CO2 atau karbondioksida dimanfaatkan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis. Lewat metabolisme tanaman tersebut, karbondioksida dipecah menjadi karbon dan oksigen.

๐Ž๐ฅ๐ž๐ก ๐ค๐š๐ซ๐ž๐ง๐š ๐ข๐ญ๐ฎ, ๐ฉ๐ž๐ซ๐š๐ง ๐ฎ๐ญ๐š๐ฆ๐š ๐ญ๐ฎ๐ฆ๐›๐ฎ๐ก๐š๐ง ๐๐š๐ฅ๐š๐ฆ ๐ฆ๐ž๐ง๐œ๐ž๐ ๐š๐ก ๐ฉ๐ž๐ฆ๐š๐ง๐š๐ฌ๐š๐ง ๐ ๐ฅ๐จ๐›๐š๐ฅ ๐š๐๐š๐ฅ๐š๐ก ๐ฆ๐ž๐ง๐ฒ๐ž๐ซ๐š๐ฉ ๐ ๐š๐ฌ ๐‚๐Ž๐Ÿ.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  are - my - kind- friends - best