Breaking News

no.perilaku manusia : i.membiarkan air dari kran terbuka terus menerus II. membakar dan membabat hutan secara berlebihan iii.memproduksi kendaraan bermotor berbahan bakar bensin dengan skala besar iv.mengajak teman teman untuk melakukan reuse,reduce dan recycle sampah atau barang barang bekas. Perilaku manusia yang dapat menyebabkan pemanasan global adalah

no.perilaku manusia :
i.membiarkan air dari kran terbuka terus menerus
II. membakar dan membabat hutan secara berlebihan
iii.memproduksi kendaraan bermotor berbahan bakar bensin dengan skala besar
iv.mengajak teman teman untuk melakukan reuse,reduce dan recycle sampah atau barang barang bekas.
Perilaku manusia yang dapat menyebabkan pemanasan global adalah
a.i dan II
b.i dan iv
c.ii dan iii
d.ii dan iv

Jawaban yang benar adalah C. ii dan iii.

Pembahasan:
Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan pada permukaan bumi, seperti:
– Naiknya permukaan air laut.
– Meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim.
– Perubahan jumlah dan pola presipitasi.
– Terpengaruhnya hasil pertanian.
– Hilangnya gletser.
– Punahnya berbagai jenis hewan.

Pemanasan global disebabkan oleh:
– Efek Rumah Kaca.
Karbon dioksida atau CO₂ yang dihasilkan oleh kegiatan di bumi ini seperti pernafasan dan hasil pembakaran bahan bakar menyelubungi bumi. Karena kadarnya sudah berlebihan maka CO₂ seolah seperti kaca yang menutup permukaan bumi. Gas lain yang menyelubungi bumi adalah sulfur dioksida dan metana. Layaknya sifat kaca, gas-gas yang melapisi tadi akan memantulkan infrared dari matahari yang seharusnya dikembalikan lagi ke angkasa tapi terperangkap di bumi.

– Efek Umpan Balik.
Umpan balik disini contohnya adalah penguapan air. Proses pemanasan selain menghasilkan karbondioksida juga menghasilkan uap air. Contoh ya reaksi pembakaran hidrokarbon seperti berikut ini: CxHy + O₂ → CO₂ + H₂O. Semakin banyak pemanasan yang terjadi akibat efek rumah kaca karbon dioksida semakin melimpah uap air yang membumbung ke atmosfer. Uap air sendiri ternyata memberi efek rumah kaca.

Baca Juga :  Seorang peserta didik mengikuti tes yang terdiri dari 40 soal. Pada tes tersebut setiap soal benar diberikan skor 3, salah -1 dan tidak dijawab 0. jika soal yang tidak dijawab 6 dan skor total yang didapatkan peserta didik tersebut adalah 82 maka jumlah soal benar yang dikerjakan adalah

Maka, untuk meminimalisir pemanasan global adalah dengan meminimalisir penggunaan bahan bakar yang menggunakan bahan dasar yang mengandung CO dan waspada terhadap kebakaran hutan yang terjadi.

Jadi, perilaku manusia yang dapat menyebabkan pemanasan global adalah C. ii dan iii.