Kegiatan yang dapat menghasilkan gas rumah kaca paling banyak di atmosfer adalah ….

Kegiatan yang dapat menghasilkan gas rumah kaca paling banyak di atmosfer adalah ….
a. pembakaran bahan bakar fosil
b. pembuangan sampah plastik di tanah lapang
c. penggunaan lemari pendingin untuk menyimpan makanan
d. penggunaan pupuk kimia secara terus-menerus

Jawaban yang benar adalah a. pembakaran bahan bakar fosil.

Pemanasan global merupakan peningkatan suhu rata-rata bumi akibat adanya efek rumah kaca. Efek rumah kaca disebabkan oleh meningkatnya gas karbon dioksida pada atmosfer dan membentuk sebuah lapisan/perisai untuk menghalangi keluarnya cahaya matahari. Cahaya matahari yang masuk ke dalam bumi seharunya dapat dipantulkan keluar kembali oleh bumi, akan tetapi terjadi penghalang oleh perisai sehingga cahaya matahari dipantulkan kembali ke dalam bumi. Hal ini akan mengakibatkan peningkatan suhu bumi.

Salah satu aktivitas yang dapat menghasilkan gas rumah kaca dengan konsentrasi paling tinggi di atmosfer yaitu pembakaran bahan bakar fosil. Pembakaran sumber energi fosil akan melepaskan gas-gas, antara lain karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (NO2),dan sulfur dioksida (SO2) yang menyebabkan pencemaran udara.

Dengan demikian, kegiatan yang dapat menghasilkan gas rumah kaca paling banyak di atmosfer adalah pembakaran bahan bakar fosil.

Baca Juga :  Seorang pekerja bangunan akan mengecat dinding bagian atas greenhouse dengan ketinggian 6 meter. Pekerja tersebut menggunakan tangga yang disandarkan tepat pada ujung tembok dan dengan kemiringan 30°. Tinggi tangga yang digunakan adalah… meter