INTEL or AMD

INTEL or AMD?Processor War How to Choose one !

Di komputer, baik itu PC gaming atau stasiun kerja , komponen utama di dalamnya adalah prosesor. Pada merek prosesor, hanya 2 perusahaan teratas yang INTEL & AMD yang masih memilih di antara 2 ini adalah tugas yang membingungkan Mana yang lebih baik? AMD atau INTEL? Ini adalah keraguan paling umum yang biasanya ditanyakan semua orang. Ini sendiri adalah topik yang cukup bisa diperdebatkan.

Jadi hari ini kita tidak akan membahas, mana yang lebih baik. Daripada itu kita akan membahas beberapa aspek positif & negatif dari INTEL & AMD. Yang akan membantu Anda memilih prosesor 2 tahun yang lalu, bisa dikatakan Intel menguasai pasar prosesor karena prosesor AMD ‘seri FX’ yang sangat dinanti yang mereka rilis saat itu merupakan kegagalan besar yang membuat Intel mempertahankan pasar mereka.

Setelah kegagalan itu, AMD datang dengan prosesor Arsitektur Zen baru mereka yang disebut ‘Prosesor RYZEN’ Jadi prosesor RYZEN yang terbuat dari arsitektur Zen, menawarkan lebih banyak Core/Thread count daripada Intel dengan kinerja serupa, tetapi dengan harga yang jauh lebih rendah daripada Intel Jadi, ini membawa AMD kembali ke pasar Jadi sekarang pertanyaannya..

Mana yang Lebih Baik? INTEL atau AMD? Keduanya melakukan hampir sama dalam skenario hari ini, baik AMD & Intel hampir melakukan hal yang sama, tergantung pada aplikasi yang ingin Anda gunakan. Untuk memahami ini lebih jauh mari kita uraikan Core / Thread Count Jika kita membandingkan Intel Core i3 & AMD Ryzen 3 ini adalah prosesor entry level anggaran yang cukup OK untuk gaming anggaran & produktivitas ringan Jadi jika kita lihat di sini Ketika Ryzen 3 diluncurkan, Core i3 memiliki hanya 2C & 4T Setelah kesuksesan Ryzen, mereka meningkatkannya menjadi 4/4 pada peluncuran generasi berikutnya Berikutnya adalah prosesor kelas menengah, i5 & Ryzen 5 Jika kita lihat di sini juga, beberapa prosesor Intel hanya memiliki 4C & 4T beberapa yang terbaru memiliki 6C & 6T Di sini, Ryzen jelas mengalahkan Intel karena semua prosesor Ryzen 5 memiliki 6 core & 12 Thread Jadi aplikasi multi core bekerja dengan baik di Ryzen Selanjutnya mari kita lihat Intel core i& & AMD Ryzen 7 lebih mahal dan untuk aplikasi kelas atas Dalam video ini kita hanya berbicara tentang Jika kita melihat i7 & Ryzen 7 Jelas jumlah inti / utas Intel lebih sedikit Jadi sekali lagi Ryzen jelas menang Kedua, Kecepatan Jam Basis & Kecepatan Turbo Kecepatan jam Ini adalah kecepatan dasar yang prosesor dilengkapi dengan & Tur bo, maksimal kita bisa overclock Jadi melihat grafik yang bisa kita katakan, Intel unggul dalam hal kecepatan clock Namun, semua prosesor Ryzen dapat di-overclock semuanya adalah prosesor yang tidak terkunci Intel memiliki rentang kecepatan clock yang cukup luas dibandingkan dengan AMD, yang lebih baik untuk bermain game Juga, prosesor Intel yang tidak terkunci dapat dengan mudah di-overclock di atas 5Ghz yang merupakan manfaat tambahan untuk Intel Berikutnya, Kemampuan Overclocking yaitu, seberapa jauh kita dapat melakukan overclock secara manual dari kecepatan Base ke Turbo untuk meningkatkan kinerja lebih banyak Di sini, Ryzen memiliki sedikit di atas angin karena semua prosesor Ryzen tidak terkunci dan dapat di-clock dengan mudah di sisi lain, Intel memiliki beberapa prosesor yang tidak terkunci yang dapat di -overclock Prosesor yang tidak terkunci ini ditandai dengan ‘K’ dalam nomor model yang sedikit lebih mahal juga Jadi overclocking kemampuan Ryzen dapat dengan mudah dilakukan Tetapi di Intel, prosesor mereka yang tidak terkunci dapat di-overclock hingga 5GHz atau lebih yang melampaui Ryzen yang sangat bagus untuk kinerja Gaming Berikutnya adalah Harga P sudut pandang beras..

Baca Juga :  Intel i7-12700K vs Ryzen 9 5900X - Best 12 Core CPU?

Prosesor Ryzen lebih murah daripada Intel lebih murah dalam harga tetapi tidak pada kinerja Jadi jika Anda memiliki anggaran terbatas untuk PC gaming, Ryzen akan paling cocok Mereka bagus untuk tugas Multi core juga Performa game adalah pertanyaan berikutnya Di Sini , Intel memiliki sedikit keunggulan dibandingkan Ryzen sedikit lebih baik untuk game Alasan utama adalah kecepatan clock Intel yang tinggi, dan kemampuan mereka untuk melakukan tugas inti tunggal dengan lebih baik.

Juga jika Anda menggunakan prosesor Intel yang tidak dikunci untuk bermain game, mereka dapat di-overclock jauh lebih tinggi untuk meningkatkan kinerjanya bahkan lebih baik untuk bermain game Jadi dalam hal ini, Intel sedikit di atas AMD Itu tidak berarti AMD buruk.. Mereka terbaik untuk multi core & game dan opsi anggaran terbaik Amd Ryzen 3, 5 atau 7 sudut pandang harga semuanya relatif lebih murah tetapi kinerja keseluruhan hampir serupa Perbedaan kecil ini tidak dapat diperhatikan oleh orang normal yang pada pembandingan tinggi dan tes menunjukkan ada sedikit perbedaan 10 -20fps dalam permainan tetapi dari segi kinerja, keduanya hampir serupa, tetapi harganya lebih rendah dari Intel Jadi jika Anda mencari PC anggaran, AMD adalah pilihan terbaik yang terjangkau. AMD juga memiliki 2 prosesor untuk anggaran gaming Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G Keduanya adalah APU yang memiliki grafis terintegrasi di dalamnya Grafis Radeon Vega AMD di dalamnya Vega 8 in 2200G Vega 11 in 2400G Jadi untuk gaming normal tidak perlu membeli GPU tambahan Prosesor ini lebih cepat dari prosesor Intel dengan GPU terintegrasi yang lebih baik.

Jadi untuk game berat terbaru, kita memerlukan kartu Grafis eksternal Jadi untuk game normal, bukan pada pengaturan ultra Pada game pengaturan tinggi 1080p kita dapat mencapai 60fps dengan mudah dengan prosesor Ryzen apa pun yang dikombinasikan dengan kartu grafis anggaran sedang Prosesor Ryzen adalah yang terbaik untuk Gaming di harga yang ramah anggaran.

Baca Juga :  Apple Silicon ARM Chips vs Intel x86 Processors for Mac?

Dan dikombinasikan dengan kartu grafis kami dapat dengan mudah memainkan game apa pun pada pengaturan Tinggi dan ultra dan mencapai di atas 60fps dengan mudah Akhirnya tergantung pada anggaran dan penggunaan Anda, Anda perlu memilih prosesor yang sesuai dengan kebutuhan Anda Jika Anda memiliki anggaran terbatas Ryzen adalah pilihan terbaik untuk Anda. Ini adalah yang terbaik untuk bermain game dan untuk tugas-tugas multi-inti karena jumlah inti/utas tinggi di Ryzen, kinerja multi-inti sangat bagus.

Pengeditan dan rendering yang moderat juga dapat dilakukan di dalamnya Jika Anda siap untuk menghabiskan sedikit lebih banyak Intel adalah pilihan terbaik Anda Prosesor inti tunggal bagus untuk Intel Prosesor Intel dirancang terbaik untuk pekerjaan inti tunggal dan juga seperti yang dikatakan sebelumnya, Intel juga terbaik untuk bermain game AMD & Intel Keduanya adalah prosesor yang bagus Intel sedikit lebih tinggi tetapi AMD tidak terlalu jauh meskipun Perbedaan kecil dalam Performa game sangat berasa untuk ketika menggunakannya. INTEL or AMD?Processor War How to Choose one !