Sebutkan isi deklarasi tentang pendidikan kristen artikel 1 dan 5​

Sebutkan isi deklarasi tentang pendidikan kristen artikel 1 dan 5​

Deklarasi Pendidikan Kristen yang ada pada Artikel 1 dan  5 terdapat pada:

Sejauh mana gema dokumen iu telah dijalankan oleh gereja yang menyelenggarakan pendidikan mulai berasal keluarga sampai menggunakan pendidikan tinggi. Dokumen Gravissimum Educationis GE baru diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kurang lebih 20 tahun yang kemudian dan dipublikasikan secara massal serta secara khusus disebarkan oleh Komdik KWI baru mulai tahun 2008. Baru pada seri ini secara relatif meluas dokumen itu dipelajari serta direfleksikan oleh banyak karya pendidikan pada gereja. tulisan ini mencoba buat mempelajari sejauh mana isi utama dokumen itu sudah terlaksana dan  menjadi acuan penyelenggaraan pendidikan di tanah air. Secara singkat tulisan ini akan membahas:

  1. Isi singkat dokumen Gravissimum Educationis.
  2. Dokumen tentang pendidikan yang mengungkapkan GE.
  3. Situasi pendidikan Katolik di Indonesia yg telah mengacu GE.
  4. Persoalan yang masih belum dipecahkan.
  5. Peluang ke depan.

Pembahasan:

Isi Singkat Deklarasi ihwal Pendidikan Kristen Gravissimum Educationis, Dokumen deklarasi ihwal pendidikan kristen ini terdiri dari beberapa bagian. Isi primer dokumen ini bisa diringkaskan menjadi berikut:

  1. Hak pendidikan bagi setiap orang.
  2. Hak orang tua dalam mendidik anak.
  3. Hak pendidikan kristiani bagi anak katolik.
  4. Peran sekolah katolik pada pendidikan.
  5. Tugas guru katolik.
  6. Perguruan Tinggi Katolik serta Kerjasama dalam pendidikan.
  7. Hak pendidikan bagi setiap orang, makna dan  tujuan pendidikan GE, dijelaskan bahwa setiap orang berhak mendapatkan pendidikan sesuai dengan tujuan serta bakatnya. Tujuan pendidikan sendiri ialah demi perkembangan langsung manusia serta jua masyarakat. Perkembangan itu utuh menyangkut unsur fisik, moral, dan  intelektual. dengan demikian anak dibantu buat bertanggung jawab pada menyebarkan dirinya secara utuh. Termasuk pada pendidikan ini adalah pendidikan seksualitas dan  penyiapan buat aktif dalam warga .
  8. Siapa bertanggungjawab atas pendidikan anak. Orang tua artinya penanggung jawab pendidikan anak yg primer GE, Suasana kasih pada famili akan menyebarkan pribadi anak yang utuh. dalam keluarga anak dikenalkan pada Allah, masyarakat dan  gereja. Tugas ini dapat dibantu oleh rakyat, gereja, atau Negara. Gereja punya hak mendidik karena punya kewajiban mewartakan keselamatan Allah di semua orang. Kebebasan orang tua memilihkan sekolah GE, Orang tua bebas memilih sekolah bagi putranya sesuai dengan hati nuraninya. Negara harus melindungi hak anak-anak buat mendapatkan pendidikan sekolah yang sesuai, mengawasi guru dalam mengembangkan kompetensinya, mengusahakan kesehatan anak, dan  memakai prinsip subsidiaritas.
  9. Hak setiap orang Kristen mendapatkan pendidikan kristiani GE. seluruh orang Kristen berhak atas pendidikan kristiani, supaya imannya berkembang. menggunakan demikian maka dia akan menjadi insan yg lebih sempurna. Terutama anak belia kristen perlu dibantu dengan pendidikan kristen. Beberapa upaya mendukung pendidikan kristiani GE.
  10. Upaya yg dipergunakan untuk mendukung pendidikan kristiani antara lain dengan katekese, menerangi dan  meneguhkan iman dari semangat Kristus, aktif pada liturgi dan  aktivitas kerasulan, dengan indera komunikasi social, aneka serikat, organisasi kaum muda, terutama sekolah. Sekolah menjadi alat pendidikan yang spesifik GE, karena sekolah itu membina bakat intelektual, kemampuan menilai dengan tepat, membantu masuk ke budaya generasi sebelumnya, kepekaan pada nilai-nilai, persiapan kehidupan profesi, pergaulan akrab, dan  kesediaan saling memahami. Sekolah sebagai pusat yg harus didukung keluarga, pengajar, rakyat buat membuatkan kehidupan budaya, kewargaan serta keagamaan. Pentingnya pendidikan moral dan  keagamaan pada sekolah GE,
  11. Pendidikan moral dan  keagamaan semua anak penting. Gereja memperhatikan anak yg dididik di sekolah tidak katolik, melalui kesaksian hidup orang-orang yang mengajar dan  membimbing anak-anak, melalui karya kerasulan sesama siswa, melalui pelayanan para imam dan  awam yang memberi ajaran keselamatan sesuai menggunakan usia serta keadaan. Sekolah katolik artinya wujud kehadiran Gereja GE.
  12. Kehadiran gereja nampak di sekolah katolik yg ada.
Baca Juga :  Adanya interaksi antar ruang menimbulkan fenomena yang banyaknya masyarakat indonesia lebih gemar membeli barang dari luar negeri hal ini menandakan salah satu dampak ada interaksi antar ruang yaitu...

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com