2 faktor yang mempengaruhi tekanan darah

2 faktor yang mempengaruhi tekanan darah

Jawaban soal ini adalah seperti penjelasan berikut.

Penjelasan:
Tekanan darah adalah ukuran kekuatan yang digunakan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Menurut klasifikasi dari American Heart Association, tekanan darah yang normal pada seseorang berkisar di bawah angka 120/80 mm Hg. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan saat jantung sedang memompa darah. Jantung memompa darah untuk dialirkan ke seluruh bagian tubuh. Angka 120, atau angka atas tekanan darah disebut sebagai angka sistolik. Sedangkan pada angka 80, atau angka bawah tekanan darah, itu disebut sebagai angka diastolik. Arti angka ini adalah jantung sedang relaksasi untuk menerima darah dari seluruh tubuh.
Faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan darah adalah
1. Kekentalan darah karena semakin kental darah makan jantung harus memiliki tekanan yang lebih kuat untuk memompa darah sehingga dapat menaikkan tekanan darah.
2.volume darah. Peningkatan volume darah akan meningkatkan tekanan pengisian sirkulasi rata-rata yang kemudian akan meningkatkan aliran balik darah vena ke jantung sehingga menyebabkan peningkatan curah jantung. Peningkatan curah jantung ini pada akhirnya dapat meningkatkan tekanan darah.
3. Luas penampang pembuluh darah. Jika luas penampang pembuluh darah mengecil makan akan meningkatkan tekanan darah.

Jadi, 2 faktor yang mempengaruhi tekanan darah adalah seperti penjelasan di atas.

Baca Juga :  Hitunglah luas bola dengan jari jari 115 cm