Jelaskan peristiwa tekanan yang terjadi pada saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh!

Jelaskan peristiwa tekanan yang terjadi pada saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh!

Peristiwa tekanan pada saat jantung memompa darah adalah sebagai berikut.

Tekanan jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh disebut tekanan sistolik (terjadi ketika ventrikel jantung berkontraksi). Saat jantung dalam kondisi relaksasi dan menerima darah maka peristiwa ini disebut tekanan diastolik (darah masuk dari atrium ke ventrikel jantung). Tekanan sistolik umumnya berkisar 110 – 180 mmHg dan diastolik berkisar 80 – 110 mmHg. Penulisan tekanan sistolik dan diastolik dituliskan dalam satuan mmHg (milimeter raksa) atau dinotasikan tekanan sistolik dan diastolik orang normal yaitu 120/80 mmHg.

Jantung memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Tekanan yang diberikan jantung terhadap pembuluh darah disebut sebagai tekanan darah. Prinsip tekanan darah sama seperti hukum Pascal yang menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada zat cair di dalam ruangan tertutup diteruskan ke segala arah dan sama besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa tekanan darah pada pembuluh darah akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar.

Dengan demikian, penjelasan mengenai tekanan jantung memompa darah ke seluruh tubuh telah dijelaskan di atas.

Baca Juga :  Sebuah panjang dan lebar kebun di atas pada denah 1,2 cm dan 0,8 cm. Jika skala pada peta adalah 1: 2000 maka panjang kebun sebenarnya adalah...