Apa yang dimaksud dengan otot

apa yang dimaksud dengan otot

Otot merupakan alat gerak aktif yang dapat melakukan kontraksi dan relaksasi sehingga dapat menggerakkan rangka maupun memicu gerak pada organ dalam seperti jantung dan lambung.

Mari kita bahas!

Sistem gerak terdiri atas otot dan tulang. Otot merupakan alat gerak aktif yang dapat melakukan proses kontraksi dan relaksasi sehingga dapat menggerakkan rangka maupun memicu kerja dari organ dalam seperti jantung saat memompa darah maupun lambung saat mencerna makanan. Terdapat 3 jenis otot yaitu otot lurik, otot jantung dan otot polos.

Dengan demikian, otot merupakan alat gerak aktif yang dapat melakukan kontraksi dan relaksasi sehingga dapat menggerakkan rangka maupun memicu gerak pada organ dalam seperti jantung dan lambung.

Baca Juga :  Balaputradewa adalah raja Kerajaan Sriwijaya yang merupakan cucu seorang raja Jawa bernama Dharanindra, seperti yang tertera dalam prasasti Nalanda. Balaputradewa diangkat menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam berbagai bidang, antara lain di bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan. Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi aman. Selain itu perluasan wilayah dan penguatan kekuasaan Sriwijaya Wilayah kekuasaan meliputi hampir seluruh Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan semenanjung melayu. Bukan hanya itu, wilayah kekuasaan Sriwijaya juga membentang dari Kamboja, Thailand Selatan, dan Semenanjung Malaya. Selain itu, saat Balaputradewa berkuasa agama Buddha mengalami perkembangan yang pesat. Mengapa Balaputradewa membangun armada laut yang kuat?