Kamu telah mempelajari bahwa makhluk hidup tersusun atas unit terkecil yang disebut sel. Sel berkumpul membentuk jaringan dan jaringan akan menyusun organ. Sekarang, tentukan bagian tubuh manusia yang termasuk sel, jaringan, atau organ!

Kamu telah mempelajari bahwa makhluk hidup tersusun atas unit terkecil yang disebut sel. Sel berkumpul membentuk jaringan dan jaringan akan menyusun organ.
Sekarang, tentukan bagian tubuh manusia yang termasuk sel, jaringan, atau organ!

Berikut bagian tubuh manusia yang termasuk sel, jaringan, atau organ.

Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil pada makhluk hidup. Bagian tubuh manusia termasuk ke dalam sel hewan. Misalnya, sel otot polos, sel otot lurik, sel otot jantung, sel darah merah, sel darah putih, dan sebagainya. Jaringan merupakan gabungan dari berbagai macam sel yang bentuk dan fungsinya berbeda. Jaringan yang ada pada bagian tubuh manusia dibedakan menjadi 4 macam, yaitu; jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot dan jaringan saraf. Organ adalah gabungan berbagai macam jaringan yang menjalankan fungsi tertentu. Pada tubuh manusia, misalnya, lambung, usus, hati, pankreas, jantung, paru-paru, hidung, ginjal, dan sebagainya.

Jadi, bagian tubuh manusia yang termasuk sel, jaringan, atau organ telah diuraikan pada deskripsi di atas.

Baca Juga :  Bentuk 3-⁴ bila diubah kedalam bentuk pangkat bulat positif menjadi