Pernyataan dibawah ini adalah tentang Anabolisme. 1). fotosistem I menangkap energi cahaya dengan panjang gelombang 680 nm 2). fotosistem II menangkap energi cahaya matahari dengan panjang gelombang 700 nm 3). energi cahaya diubah menjadi energi kimia dalam bentuk ATP dan NADPH 4). dihasilkan oksigen dari peristiwa fotolisis air 5). pada proses fotofosforilasi berlangsung di membran tilakoid.

Pernyataan dibawah ini adalah tentang Anabolisme.
1). fotosistem I menangkap energi cahaya dengan panjang gelombang 680 nm
2). fotosistem II menangkap energi cahaya matahari dengan panjang gelombang 700 nm
3). energi cahaya diubah menjadi energi kimia dalam bentuk ATP dan NADPH
4). dihasilkan oksigen dari peristiwa fotolisis air
5). pada proses fotofosforilasi berlangsung di membran tilakoid.

Jawaban yang benar adalah 3, 4, dan 5

Pembahasan

Proses fotosintesis terdiri atas 2 tahapan, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang dapat juga disebut sebagai fotofosforilasi. Reaksi terang fotosintesis terjadi di membran tilakoid tepatnya di grana. Reaksi terang dapat dibagi menjadi fotofosforilasi siklik dan fotofosforilasi non siklik.

Fotofosforilasi non siklik melibatkan fotosistem I dan fotosistem II. Fotosistem I dapat menangkap panjang gelombang cahaya 700 nm. Sedangkan fotosistem II dapat menangkap panjang gelombang cahaya 680 nm. Pada awalnya, fotosistem II menangkap energi cahaya matahari yang menyebabkan elektron tereksitasi. Elektron dari fotosistem II tersebut mampu memecah molekul air melalui proses fotolisis air yang menghasilkan ion hidrogen, oksigen, dan elektron.

Elektron dari fotosistem II akan ditransfer ke fotosistem I dan masuk ke komplek sitokrom. Masuknya elektron ke sitokrom akan memicu proses pembentukan ATP dan mereduksi NADP+ menjadi NADPH.

Jadi, Jawaban yang benar adalah 3, 4, dan 5

Baca Juga :  Menurut koefisien Gini semakin tidak merata distribusi pendapatan, koefisien gini adalah ...