Breaking News

Teknik destilasi pertama kali ditemukan oleh ilmuwan muslim jabar sin hayyan untuk memisahkan beberapa pelarut organik. pada suatu percobaan, campuran larutan organik didestilasi dengan berbagai suhu secara bertahap. pada suhu 119^(∘)C dihasilkan 500ml larutan dengan sifat senyawa sebagai berikut:( 1) tidak tereduksi larutan tollens, (ii) teroksidasi oleh KMnO4 dalam asam menghasilkan alkanon (iii) bersifat optis aktif. senyawa tersebut kemungkinan besar adalah ….

Teknik destilasi pertama kali ditemukan oleh ilmuwan muslim jabar sin hayyan untuk memisahkan beberapa pelarut organik. pada suatu percobaan, campuran larutan organik didestilasi dengan berbagai suhu secara bertahap. pada suhu 119^(∘)C dihasilkan 500ml larutan dengan sifat senyawa sebagai berikut:(
1) tidak tereduksi larutan tollens,
(ii) teroksidasi oleh KMnO4 dalam asam menghasilkan alkanon
(iii) bersifat optis aktif.
senyawa tersebut kemungkinan besar adalah ….

(a) 1-pentanol
(b) 2-pentanol
(c) 3-pentanol
(d) 2,2-pentadiol

Jawaban yang benar adalah B. 2-pentanol.

Pembahasan :

Senyawa organik yang dapat dioksidasi menjadi keton adalah senyawa alkohol sekunder. Senyawa ini tidak bereaksi dengan pereaksi Tollens.
Diantara senyawa di atas yang merupakan senyawa alkohol sekunder dan bersifat optis aktif adalah senyawa 2-pentanol. Dikatakan optis aktif karena memiliki satu atom karbon asimetris, yaitu atom C yang mengikat 4 gugus yang berbeda, yaitu -CH3, -OH, -H, -CH2-CH2-CH3.
Struktur lengkapnya adalah seperti pada gambar dibawah ini.

Jadi, senyawa tersebut kemungkinan adalah 2-pentanol.

Jawaban yang benar adalah B. 2-pentanol. Senyawa organik yang dapat dioksidasi menjadi keton adalah senyawa alkohol sekunder. Senyawa ini tidak bereaksi dengan pereaksi Tollens. Diantara senyawa di atas yang merupakan senyawa alkohol sekunder dan bersifat optis aktif adalah senyawa 2-pentanol. Dikatakan optis aktif karena memiliki satu atom karbon asimetris, yaitu atom C yang mengikat 4 gugus yang berbeda, yaitu -CH3, -OH, -H, -CH2-CH2-CH3. Struktur lengkapnya adalah seperti pada gambar dibawah ini. Jadi, senyawa tersebut kemungkinan adalah 2-pentanol.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Perhatikan gambar Jika permukaan bidang dianggap licin, Ma = 2kg dan Mb = 4kg, tentukan arah gerak sistem katrol (gambar)